alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Waktu Tempuh Palembang - Jambi Ditarget Enam Jam

Dede Febriansyah

PALEMBANG - Pelaksana Jalan Nasional I Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional V Palembang terus kebut perbaikan ruas Jalan Lintas Timur (Jalintim) Palembang hingga Batas Jambi sehingga dapat fungsional menjelang lebaran nanti.

Kepala Satker PJN I Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional V Palembang M Albar Daen mengatakan, menjelang arus mudik di pertengahan bulan Mei 2020 mendatang, perbaikan di Jalintim terus dikebut pihaknya.

"Awalnya kita targetkan progres perbaikan Jalintim Palembang hingga batas Jambi pada bulan Mei nanti hanya mencapai 30-40 persen. Namun, karena waktu yang bersamaan dengan hari raya Idul Fitri maka progres pengerjaan terus dikebut untuk mencapai 50-60 persen," ujar Albar kepada SINDOnews, Rabu (25/03/2020).



Diakui Albar, meski saat ini seluruh aspek ikut terdampak akibat dilanda virus corona, pihaknya tetap optimistis dapat mengejar progres perbaikan ruas Jalintim Palembang hingga batas Jambi dan dipastikan aman saat angkutan mudik mendatang.

Jika perbaikan jalan sesuai perencanaan, kata Albar, dapat memangkas waktu tempuh yang cukup signifikan.

"Kalau bencana Corona ini bisa segera berakhir, saya optimistis ruas Palembang hingga Jambi tidak ada lagi lubang. Termasuk waktu tempuh yang sebelumnya mencapai 12 jam bisa kita pangkas menjadi 6 jam saja," katanya.

Untuk mempercepat progres perbaikan jalan, Albar mengungkapkan, saat ini pihaknya membutuhkan tambahan pekerja kasar yang biasa melakukan konstruksi jalan yang selama ini sebagian besar didatangkan dari Pulau Jawa.

"Di tengah kondisi seperti ini, khususnya adanya virus corona, sulit sekali untuk menambah pekerja di lapangan. Apalagi memang ada kebijakan untuk tetap berada di rumah sementara kami terus berupaya untuk mengejar progres," tandasnya.

Berdasarkan data yang dimilki, untuk perbaikan ruas Jalintim Palembang hingga batas Jambi memiliki tiga paket pekerjaan.

Paket pertama, dimulai dari batas Palembang-Betung dengan panjang efektif 21,08 Km senilai Rp124 miliar yang dikerjakan PT Wasco.

Paket kedua, ruas Betung-Sungai Lilin-Peninggalan dengan panjang efektif 35,93 Km senilai Rp209,6 miliar yang dikerjakan PT Adhi Karya.

Paket ketiga, ruas Peninggalan-Batas Jambi dengan panjang efektif 39,14 Km senilai Rp193 miliar yang dikerjakan PT Yasa Patria Perkasa.



(boy)