alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Satu Pekerja Jadi ODP, Pertamina Isolasi Mandiri Semua Pekerja

Berrie Brima

PRABUMULIH - PT. Pertamina EP Asset II, hingga saat ini masih terus menelusuri dan mendata sejumlah pekerja Pertmaina Fild Pendopo, yang pernah berinteraksi dengan Orang Dalam Pengawasan (ODP), Virus Covid-19, yang tengah dirawat di Rumah Sakit Pertamedika Prabumulih.

Hal itu diungkapkan VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman, melalui pres rilis yang disampaikan Public and Government Analyst Pertamina EP Asset 2 yang disampaikan Arie Palupi, Sabtu (28/03/2020).

Pasca salah satu pekerjanya dirawat dengan gejala mirip virus Copid-19, pihaknya langsung mendata dan mewajibkan seluruh pekerja yang pernah berinterkasi dengan Pasien untuk mengisolasi mandiri di rumah hingga dikeluarkannya status resmi dari Litbang kementrian Kesehatan Republik Indonesia.



“Saat ini sudah ada beberapa pekerja yang kita minta untuk mengisolasi mandiri dirumah hingga keluar hasil pemeriksaan pasien dari Kementrian Kesehatan RI” terang Fajriyah Usman, dalam keterangannya yang diterima Sindonews.com

Ia juga menjelaskan, sejak Virus Covid-19 merebak, Pertamina telah melakukan sejumlah upaya untuk mengantisipasi penyeran virus tersebut terutama dilingkungan pekerjaan. Di antaranya dengan melarang sementara waktu melakukan perjalanan dinas baik di dalam negeri maupun keluar negeri dan pengaturan sistem dengan mengunakan metode Work from Home.

“Kita juga saat ini melarang seluruh pekerja untuk tidak melakukan perjalanan dinas hingga situasi kembali normal” jelas Usman, Sabtu (28/03/2020).

Selain itu, kebijakan pengaturan mekanisme kerja juga diberlakukan dengan tetap mengutamakan kelancaran kegiatan operasional. Untuk pekerja yang datang dari luar kota dilakukan self quarantine selama 14 hari dan mereka diwajibkan rutin melaporkan ke dokter perusaahan.

“Bahkan setiap pekerja dan keluarga wajib mengisi form laporan pengendalian Covid-19 secara online setiap hari. Penyemprotan disinfektan juga dilakukan di area perumahan dan perkantoran area Pertamina EP Aset 2,” ungkapnya.
 
Saat ini, kondisi Pekerja Pertamina Field Pendopo setelah dirawat itensif oleh tenaga medis Rumah Sakit Pertamedika Prabumulih, kondisinya mulai membaik. Namun, seluruh ruangan dan akses jalan menuju ruangan tersebut masih diberi police line, untuk untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan terjadi.
 



(don)