Redakan Mulas Selama Kehamilan, Ini Caranya

Selasa, 10 September 2019 - 12:16 WIB
Redakan Mulas Selama Kehamilan, Ini Caranya
Mulas adalah masalah umum bagi sebagian besar calon ibu di beberapa titik selama kehamilan. Kondisi ini kerap mengganggu. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mulas adalah masalah umum bagi sebagian besar calon ibu selama kehamilan. Meskipun tidak ada hubungannya dengan jantung, tetapi kadang bisa membuat khawatir.

Kabar baiknya adalah ada perawatan yang mudah, aman dan efektif. Mulas dan gangguan pencernaan adalah hal yang paling umum selama trimester ketiga kehamilan karena rahim yang tumbuh meningkatkan tekanan pada lambung dan usus.

Rahim yang tumbuh memenuhi perut yang mendorong isinya kembali ke kerongkongan.

Seperti dilansir Times of India, berikut lima cara Anda dapat mencegah mulas selama kehamilan:

1.Makan dalam porsi kecil dan sering
Makan terlalu banyak sekaligus dapat memperburuk mulas. Selama kehamilan, ada sedikit ruang bagi perut untuk mengembang. Mengonsumsi makanan yang lebih sedikit akan mencegah mulas sepanjang kehamilan.

Jadi, alih-alih tiga atau empat kali sehari, cobalah makan enam kali sehari. Lebih mudah bagi tubuh untuk mencerna makanan yang lebih kecil dan dengan demikian mencegah mulas.

2. Kenali dan hilangkan makanan pemicu
Identifikasi makanan yang memicu mulas. Padahal tidak ada satu pun daftar makanan yang menyebabkan mulas. Tetapi, ada beberapa makanan pemicu mulas, termasuk tomat, makanan berminyak, goreng, dan pedas. Bagi sebagian orang, mulas juga mencakup kopi, cokelat, dan alkohol.

3. Punya lebih banyak cairan
Cairan cenderung menyebabkan masalah dibandingkan dengan makanan padat. Ini karena cairan bergerak cepat melalui perut. Seperti menikmati sup terlalu banyak, smoothie, milkshake, shake protein, dan yoghurt.

Kunyah makanan padat secara perlahan. Jangan minum dalam jumlah besar di antara waktu makan karena minum sambil makan dapat membuat Anda menelan lebih banyak udara. Minumlah sedikit saja jika Anda merasa haus di antara waktu makan.

4. Duduk atau berdiri setelah makan
Jangan langsung berbaring setelah makan. Berjalan juga santai saja. Mungkin Anda bisa melakukan sedikit pekerjaan rumah atau hanya duduk dan membaca buku. Jangan juga melakukan apapun yang mengharuskan Anda membungkuk. Membungkuk dan berbaring dapat membawa asam kembali ke kerongkongan.

5. Jangan makan sebelum tidur
Memiliki pesta tepat sebelum tidur adalah resep yang sempurna untuk mulas. Para ahli merekomendasikan makan, setidaknya tiga jam sebelum tidur. Jika Anda merasa lapar setelah makan malam, makanlah sesuatu yang cair.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0023 seconds (0.1#10.140)