Kodam Sriwijaya Kerahkan Seluruh Kekuatan Tangani Karhutla

Selasa, 17 September 2019 - 19:30 WIB
Kodam Sriwijaya Kerahkan Seluruh Kekuatan Tangani Karhutla
Kodam Sriwijaya Kerahkan Seluruh Kekuatan Tangani Karhutla. Foto/Pendam II Swj
A A A
PALEMBANG - Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan bersama Gubernur Sumsel Herman Deru dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli meninjau lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Tol Palindra KM 18 Indralaya, Ogan Ilir (OI).

Pada kesempatan tersebut, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan mengatakan, pihaknya berupaya mengerahkan seluruh kekuatan menanggulangi bencana kabut asap karhutla di beberapa wilayah Provinsi Sumsel.

"Satgas gabungan karhutla sudah bekerja siang malam dan akan dikerahkan secara maksimal di wilayah kabupaten/kota yang rawan terjadi karhutla," kata Pangdam.

Kebakaran hutan dan lahan yang meluas dan menimbulkan kabut asap yang cukup pekat di Kota Palembang dan beberapa daerah sekitarnya diupayakan segera ditanggulangi.

Selain mengerahkan petugas untuk melakukan operasi darat pemadaman karhutla, pihaknya juga berupaya mengoptimalkan enam helikopter melakukan operasi udara terutama pada lokasi kebakaran yang sulit dijangkau.

"Saat ini ada sembilan helikopter Water Bombing (WB), namun ada enam yang siap operasional. Untuk sementara keenam helikopter tersebut dikerahkan untuk menangani karhutla di Sumsel," ungkap Pangdam.

Selain mengoptimalkan operasional udara dengan helikopter WB, pihaknya juga melakukan kegiatan operasi darat dengan mengerahkan Satgas gabungan Karhutla, TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, perusahaan dan masyarakat.

Selain terkendala dengan sumber air yang cukup jauh dari lokasi kebakaran dan terbatasnya pompa air, lahan di lokasi juga kering dan cuaca yang cukup panas sehingga lahan tersebut mudah terbakar.

"Untuk itu, langkah yang kita ambil dengan melakukan penyekatan-penyekatan dengan membuat parit-parit agar api tidak merambat," ujarnya.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4379 seconds (0.1#10.140)