Australia Serukan untuk Selidiki Asal Corona, Ini Sikap Indonesia

Rabu, 29 April 2020 - 21:37 WIB
loading...
Australia Serukan untuk Selidiki Asal Corona, Ini Sikap Indonesia
Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi angkat bicara mengenai seruan Australia untuk dibentuknya tim penyelidik indenpenden untuk menyelidiki asal usul Covid-19. Menurut Retno, Indonesia terus memantau langkah Australia tersebut.

Retno menuturkan, pada pekan lalu ia kembali melakukan komunikasi dengan Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne. Dalam pembicaraan itu Payne menyinggung mengenai seruan Australia ini.

"Di dalam komunikasi tersebut, saya sampaikan bahwa pertama, Indonesia memantau posisi Australia terkait dengan penyelidikan interasional atau seruan Australia terhadap pembentukan penyelidik internasional secara independen mengenai asal usul Covid-19," ucap Retno.

"Namun, saya sampaikan bahwa saat ini Indonesia akan berkonsentrasi untuk menangani Covid-19 dan dampak sosial ekonominya," sambungnya saat menggelar konferensi pers virtual pada Rabu (29/04/2020).

Sebelumnya, Perdana Menteri Australia, Scott Morrison menyatakan seruan Australia untuk penyelidikan independen tentang asal Covid-19 itu masuk akal dan tidak menargetkan negara mana pun.

Hubungan bilateral Australia dan China memburuk dalam beberapa pekan terakhir setelah Morrison menyerukan penyelidikan asal virus Corona. Morrison menegaskan seruan itu tidak untuk mengkritik China dan Australia akan terus mendorong penyelidikan itu.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2023 seconds (0.1#10.140)