MotoGP Jerman, Belanda dan Finlandia Resmi Dibatalkan

Kamis, 30 April 2020 - 05:28 WIB
loading...
MotoGP Jerman, Belanda dan Finlandia Resmi Dibatalkan
FIM dan Dorna Sports resmi batalkan MotoGP Jerman, Belanda dan Finlandia, Rabu (29/4/2020) karena pandemi COVID-19. Foto/tangkapan layar Reuters
A A A
LONDON - Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) dan promotor Dorna Sports mengumumkan, Rabu (29/4/2020), seri MotoGP Jerman, Belanda dan Finlandia yang bakal digelar pada Juni dan Juli semuanya dibatalkan karena pandemi COVID-19.

Grand Prix Jerman dijadwalkan pada 19-21 Juni di Sachsenring dan MotoGP Belanda dari 26-28 Juni di Assen, satu-satunya sirkuit yang menyelenggarakan Grand Prix sepeda motor setiap tahun sejak kejuaraan dimulai pada 1949. Sedangkan GP Finlandia yang rencananya debut di KymiRing pada 12 Juli harus ditunda pula.

Ketiga negara telah melarang pertemuan besar untuk memerangi penyebaran virus corona. "Wabah virus corona yang sedang berlangsung telah mewajibkan pembatalan ketiga acara," kata mereka dalam pernyataan bersama.

"Dengan sangat sedih kami mengumumkan pembatalan ketiga Grand Prix penting ini di kalender MotoGP," ujar Carmelo Ezpeleta, kepala eksekutif promotor Dorna, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Reuters.

"Kami sangat menantikan untuk kembali ke Sachsenring dan TT Circuit Assen pada 2021, dan dengan penuh semangat menunggu debut Grand Prix KymiRing baru musim depan."

Musim MotoGP belum dimulai, dengan 11 balapan pertama yang terkena imbas pandemi virus mematikan tersebut, dan penyelenggara belum menerbitkan kalender yang direvisi. Balapan di Spanyol, Prancis dan Italia telah ditunda dan terlihat tidak pasti untuk digelar.

Seri lomba berikutnya pada kalender asli adalah Grand Prix Ceko di Brno pada 9 Agustus. Ezpeleta yang pada hari Senin sempat mengatakan akan mencoba memulai musim pada akhir Juli di Eropa, menambahkan bahwa skenario yang paling mungkin adalah balapan tanpa penonton. Dia mengatakan hal yang paling penting adalah mengatur balapan dan menyiarkannya di televisi.

Sementara itu, seorang juru bicara Dorna mengatakan kepada AFP pada Rabu, bahwa MotoGP Prancis, awalnya dijadwalkan 15-17 Mei di Le Mans, dan berharap dapat membuat pengumuman pada 15 Mei untuk kemungkinan tanggal baru lomba.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1452 seconds (0.1#10.140)