Atasi Karhutla, Kodam Sriwijaya Kerahkan 100 Personil Tambahan

Sabtu, 21 September 2019 - 08:21 WIB
Atasi Karhutla, Kodam Sriwijaya Kerahkan 100 Personil Tambahan
Kodam Sriwijaya Kerahkan 100 Personil Tambahan atasi Karhutla. Foto/Pendam II Swj
A A A
PALEMBANG - Kodam II/Swj kembali mengerahkan sebanyak 100 personil tambahan dari satuan jajarannya, Jum'at (20/9/2019) untuk penanganan bencana kabut asap akibat Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) di wilayah Sumsel.

Kapendam II/Swj Kolonel Inf Djohan Darmawan mengatakan, penambahan seratus personil pasukan ini menindaklanjuti perintah Komando Atas dalam hal ini Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, saat meninjau lokasi karhutla di wilayah OKI bersama Kapolda dan Gubernur Sumsel, Kamis (19/9/2019).

“Sesuai perintah dari Pangdam II/Swj, seratus personil TNI ini akan dikerahkan untuk membantu penanganan bencana di daerah-daerah yang terkena Karhutla yang cukup besar, terutama di Penyandingan, OKI, Ogan Ilir (OI), Muba dan Bayung Lencir", kata Kapendam.

Mereka akan bergabung dengan Satgas Penanggulangan Karhutla di bawah BKO Korem 044/Gapo, terutama di Kodim-Kodim.

“Mereka juga akan ditempatkan di beberapa wilayah titik api yang ada di daerah-daerah Sumsel dengan tugas utama membantu mengatasi Karhutla yang terjadi", terang Kolonel Djohan.

Setiap personel saat melaksanakan tugas di lapangan tetap senantiasa memperhatikan faktor keamanan dalam situasi sulit sekalipun.

Ini merupakan tugas mulia bagi seorang prajurit, untuk menyelamatkan ekosistem hutan dan dampak yang ditimbulkan terhadap masyarakat akibat kebakaran hutan.

Terkait hal itu, Pangdam telah memerintahkan jajarannya untuk memaksimalkan pencegahan di wilayah yang belum kebakaran dengan terus melaksanakan Patroli dan Sosialisasi.

"Pangdam juga telah menekankan seluruh jajaran agar maksimal melakukan pemadaman dan penyekatan di wilayah yang sudah ada titik api, dengan mengerahkan segala kekuatan yang ada", ungkap Djohan.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8532 seconds (0.1#10.140)