Masjidilharam dan Masjid Nabawi Segera Dibuka Lagi

Kamis, 30 April 2020 - 08:02 WIB
loading...
Masjidilharam dan Masjid Nabawi Segera Dibuka Lagi
Kepala Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais memantau pemasangan kamera termal di pintu masuk Masjidilharam, Makkah, Arab Saudi, Selasa (28/4/2020). Foto/SPA
A A A
MAKKAH - Kerajaan Arab Saudi menyatakan segera membuka kembali dua masjid suci, Masjidilharam (Masjid al-Haram) dan Masjid Nabawi untuk berbagai kegiatan ibadah umat Islam termasuk tawaf.

Sebagai langkah pencegehan penyebaran virus corona COVID-19, kamera termal dipasang di dua masjid suci tersebut.

Kepala Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais mengumumkan kabar gembira tersebut pada Selasa waktu setempat. "Hari-hari akan datang (segera) ketika para jamaah kembali ke kedua masjid suci," katanya.

Dalam sebuah video, ditransmisikan oleh berbagai media dan diposting di akun media sosial resminya, Sheikh Al-Sudais mengatakan;

"Hari-hari (akan datang) ketika kesedihan akan diusir dari umat Islam dan kami kembali ke Dua Masjid Suci untuk tawaf (mengelilingi Kakbah suci), sa'i (ritual lari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwa) dan salat di Al-Rawdah Sharif dan menyapa Nabi (Muhammad) SAW."

"Segala sesuatu akan kembali, Insya Allah, sebagaimana adanya, karena negara ingin menciptakan lingkungan yang sehat," katanya sambil menyerukan kepada umat beriman untuk tidak terburu-buru dibebaskan dari pembatasan yang diberlakukan sebagai bagian dari langkah pencegahan penyebaran COVID-19.

Sementara itu, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi dalam sebuah pernyataan yang diposting di akun Twitter resminya juga mengonfirmasi rencana pembukaan kembali dua masjid suci.

"Insya Allah, di bawah kepemimpinan pemerintah kita yang bijaksana, dan sejalan dengan komitmen kita untuk mematuhi prosedur dan instruksi yang dikeluarkan oleh otoritas yang kompeten, akan ada yang kembali ke Makkah, dengan membuka kembali (Masjidil) Haram dan kembali untuk mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah bagi umat beriman dari seluruh penjuru dunia...perasaan kaum Muslim ada bersama kami dan kami memiliki dukungan dari mana-mana," tulis kementerian tersebut, seperti dikutip Saudi Gazette, Rabu (29/4/2020).

Kamera Termal di Masjid al-Haram

Sebelumnya, Sheikh Al-Sudais memantau pemasangan kamera termal di Masjid al-Haram yang berfungsi untuk mendeteksi virus corona.

Kamera, yang dapat secara akurat memindai suhu hingga 25 orang pada saat yang sama, ditempatkan di pintu masuk halaman masjid.

“Hari ini, Alhamdulillah, kami telah meluncurkan perangkat kamera termal yang memindai (suhu tubuh) di pintu situs suci. Jika seseorang dicurigai sakit itu akan ditampilkan pada perangkat ini," kata Al-Sudais.

Kamera serupa dipasang di Masjid Nabawi di Madinah awal bulan ini.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.2052 seconds (0.1#10.140)