Efektifitas Penanganan Karhutla, Pangdam Pimpin Rapat Evaluasi

Senin, 23 September 2019 - 08:45 WIB
Efektifitas Penanganan Karhutla, Pangdam Pimpin Rapat Evaluasi
Efektifitas Penanganan Karhutla, Pangdam Pimpin Rapat Evaluasi. Foto/Pendam II Swj
A A A
PALEMBANG - Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan menyiapkan sejumlah strategi agar lebih efektif untuk mengatasi dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di beberapa wilayah Provinsi Sumsel.

Hal itu diungkapkan dalam rapat evaluasi penanganan karhutla di Sumsel yang dipimpin langsung Pangdam, Minggu (22/9/2019) di ruang rapat Korem 044/Gapo, Palembang.

Pangdam mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan strategi baik dari kesiapan prosedur, pasukan pemadam dan sarana/parasaranan serta upaya perbaikan yang harus dilakukan dalam penanganan karhutla agar terkoordinir oleh semua pihak terkait.

Pangdam menyampaikan, selama kegiatan pemadaman api yang terjadi sampai saat ini masih belum maksimal dan perlu dukungan lebih dari unsur-unsur terkait agar dalam penanganan karhutla lebih efektif sehingga bencana kabut asap dapat teratasi.

“Mari kita bersama-sama dengan seluruh aparatur atau dinas yang terkait untuk turut berperan aktif memaksimalkan dan mendukung kegiatan pemadaman agar karhutla dapat segera teratasi", kata Pangdam.

Pangdam menyampaikan, adanya kendala sumber air yang terbatas dan pengaruh cuaca serta arah angin yang menyebabkan meluasnya area yang terbakar, agar dilakukan penambahan sarana dan prasarana, yakni alat berat dan mesin pompa air.

Pangdam juga menekankan, setelah satgas dapat mencegah dan memadamkan api di lahan yang sudah terbakar, agar personel tetap disiagakan di lahan yang sudah padam tersebut.

Hadir dalam rapat tersebut antara lain, Danrem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono, Danlanud SMH Palembang, Asops Kasdam II/Swj, Kalaksa BPBD Provinsi Sumsel Iriansyah, BNPB, BMKG dan Perwakilan Polda Sumsel.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3918 seconds (0.1#10.140)