Dibanderol Rp450 Juta, Mobil Listrik Mungil Segera Meluncur

Kamis, 26 September 2019 - 16:07 WIB
Dibanderol Rp450 Juta, Mobil Listrik Mungil Segera Meluncur
Mobil Listrik Mungil Resmi Diperkenalkan, Dibanderol Rp450 Juta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mobil listrik Honda segera menyapa pasar. Honda E atau elektrik resmi diperkenalkan kepada publik pada 10 September 2019 di Frankfurt Motor Show, Jerman.

Dirancang dengan desain simpel dan praktis, Honda E ditujukan untuk memenuhi gaya hidup modern di perkotaan, juga menawarkan berbagai kelebihan meliputi teknologi terintegrasi dan rasa berkendara dinamis.

Di bagian eksterior, spion konvensional kini digantikan Side Camera Mirror System dengan mengusung kamera berukuran kecil yang terhubung langsung ke layar berukuran 6 inci dalam dasbor.

Penggunaan teknologi kamera sebagai yang pertama di segmen mobil compact menciptakan tampilan lebih stylish, pengalaman berkendara lebih aman, serta aerodinamika lebih baik.

Kemudian, gagang pintunya berbentuk pop-out sehingga terlihat lebih modern. Eksteriornya terlihat nyaris tanpa celah pada titik temu antara kaca depan dan pilar A.

Sementara di bagian interior, lima layar generasi terbaru terpampang di dasbor, salah satunya layar sentuh LCD selebar 12,3 inci yang terhubung dengan sistem infotainment.

Soal performa, battery electric vehicle (BEV) ini dilengkapi motor penggerak listrik yang menghasilkan dua besaran tenaga, masing-masing sebesar 136 PS dan 154 PS, serta torsi maksimal 315 Nm.

Jarak maksimalnya sejauh 220 km dalam sekali pengisian daya. Baterai 35,5 kWh diklaim sebagai baterai mobil berukuran terkecil di kelasnya.

Seperti ponsel, mobil ini sudah dilengkapi teknologi fast charging sehingga dapat mencapai level 80% dalam 30 menit pengisian daya.

Sedangkan untuk akselerasi, Honda E mampu meraih kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu 8 detik.

Akses terhadap aplikasi maupun layanan online di layar dasbor juga dapat dilakukan dengan komando suara melalui teknologi Honda Personal Assistant, sebuah kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang dapat melakukan percakapan secara natural dengan pengendara dan penumpang untuk akses yang lebih mudah.

Honda Personal Assistant dapat diaktifkan dengan mengatakan “OK Honda”, diikuti sebuah pertanyaan atau instruksi.

Seiring waktu, Honda Personal Assistant juga dapat semakin mengenali suara setiap individu untuk memberikan respons lebih akurat.

Tidak hanya itu, para pemilik Honda E juga dapat selalu terhubung dengan mobilnya melalui aplikasi smartphone My Honda+.

Diluncurkan sejak 2017, aplikasi tersebut telah mendapatkan berbagai pembaruan untuk menyediakan fungsi yang lebih banyak, meliputi laporan kondisi kendaraan serta remot e untuk mengatur fitur Climate Control dan memonitor lokasi kendaraan.

Fungsi yang dikhususkan untuk kendaraan listrik juga telah ditambahkan, meliputi kontrol pengisian daya dan monitor terhadap sisa energi yang tersedia serta membantu mencari stasiun pengisian daya terdekat.

Untuk meningkatkan keamanan, Honda E juga dapat diakses menggunakan kunci digital untuk mengunci dan membuka kunci kendaraan melalui aplikasi di smartphone.

Harganya dibanderol USD32.000 (Rp450 juta)-USD35.500 (Rp500 juta) untuk tipe tertinggi. Konsumen di Eropa sudah bisa melakukan pre-order, di mana mobil tersebut akan dikirimkan pada musim panas 2020.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5188 seconds (0.1#10.140)