Malam Ini Puan Maharani Bersama 4 Pimpinan DPR Dikukuhkan

Selasa, 01 Oktober 2019 - 17:54 WIB
Malam Ini Puan Maharani Bersama 4 Pimpinan DPR Dikukuhkan
Anggota DPR dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pimpinan DPR baru periode 2019-2024 segera dikukuhkan dalam Rapat Paripurna DPR yang akan berlangsung malam ini sekitar pukul 19.00 WIB.

Sejumlah nama dari 5 fraksi peraih kursi terbanyak pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 sudah diumumkan ke publik, kecuali PKB.

“Hasil rapat tadi kami sudah rapat istilahnya pengganti rapat Bamus (Badan Musyawarah), artinya pimpinan sementara dengan yang mewakili partai politik acaranya dalam rangka satu, untuk menetapkan fraksi-fraksi di DPR RI dengan kata lain dapatlah barangkali kalian sudah tahu itu ada 9 fraksi,” kata Ketua DPR sementara, Abdul Wahab Dalimunthe seusai rapat konsultasi pengganti rapat Bamus di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Dalam rapat itu, lanjut Wahab, diputuskan calon Ketua dan Wakil Ketua DPR untuk periode 2019-2024 sekaligus menetapkan tanggal pengambilan sumpah janji Ketua dan Wakil Ketua definitif yang sudah ditentukan akan dilakukan pada malam ini.

“Nanti malam jam 19.00 WIB ada rapat paripurna untuk ambil sumpah janji Ketua DPR yang definitif,” ujar Politikus Demokrat itu.

Terkait nama-nama Pimpinan DPR, kata Wahab, untuk PDIP mencalonkan Puan Maharani untuk menjadi Ketua DPR, Golkar mengusulkan Azis Syamsuddin jadi Wakil Ketua, Gerindra mengusulkan Sufmi Dasco Ahmad dan Nasdem Rahmat Gobel.

Sementara PKB meminta waktu untuk memutuskan siapa yang dicalonkan. “Ndak soalnya satu, dia (PKB) yang ngomong, kami nanti satu jam lagi baru kirim nama,” ucapnya.

Wahab menambahkan, 5 Pimpinan DPR ini akan diambil sumpah dan janjinya oleh Mahkamah Agung (MA) sebagaimana pelantikan Anggota DPR tadi.

“Ndak tau saya kalau ketua (MA) atau tidak. Tadi pun bukan Ketua Mahkamah Agung. Itu terserah,” tandasnya.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.5940 seconds (0.1#10.140)