Pengerjaan Fisik Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia Rampung

Jum'at, 01 Mei 2020 - 20:24 WIB
loading...
Pengerjaan Fisik Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia Rampung
Pengerjaan fisik jembatan tol terpanjang di Indonesia rampung. Foto SINDOnews
A A A
OGAN ILIR - Pengerjaan proyek jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) sepanjang 111 kilometer terus dikebut. Hingga saat ini ruas Tol Kapal Betung yang sudah beroperasi mencapai 29,5 kilometer.

Untuk menunjang progress percepatan pembangunan Tol Kapal Betung tersebut, PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) yang merupakan salah satu BUJT yang dimiliki oleh PT Waskita Toll Road (WTR) telah melakukan pengecoran terakhir pada Jembatan Ogan di ruas Tol Kapal Betung Seksi II.

"Jembatan Ogan ini memiliki panjang total sekitar 1,6 KM yang menghubungkan Seksi I yang telah beroperasi yakni ruas tol Kapal Betung dengan Jalan Lintas Timur. Ini merupakan Jembatan Tol yang terpanjang di Indonesia," ungkap Direktur WST, Herwidiakto M Tech di sela Topping off Ceremony Proyek Jembatan Ogan Tol Kapal Betung, Sabtu (01/05/2020).

Menurutnya, jembatan Ogan ini merupakan titik penghubung yang penting pada ruas tol Kapal Betung untuk menghubungkan kota Palembang menuju Betung, Banyuasin. "Tol Kapal Betung ini diyakini akan memberikan kontribusi mengurai kepadatan lalu lintas yang selama ini terjadi," terangnya.

Herwidiakto menambahkan, pada proses pembangunan jembatan Ogan Tol Kapal Betung tersebut hampir 99 persen menggunakan produk-produk lokal. "Selain ini merupakan jembatan tol terpanjang di Indonesia, pada proses pembangunan jembatan ini produk pembangunannya menggunakan produk-produk lokal," ungkapnya.

Dari pantauan SINDnews, pada prosesi pengecoran terakhir Jembatan Ogan tersebut pihak WST juga menaati peraturan keselamatan kerja yang berlaku dan protokoler pencegahan COVID-19. Aksi ini juga sebagai sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan mudik atau piknik pada saat Ramadhan dan Lebaran.

"Sosialisasi ini mendukung aksi Pemerintah untuk #tidakmudik dan #tidakpiknik pada Lebaran 2020 ini sebagai salah satu cara memutus mata rantai Virus COVID-19," imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basoeki Hadi Moeljono yang dalam kesempatan tersebut menyaksikan Topping off Ceremony melalui video conference menyebutkan, pihaknya berharap agar proses pembangunan jembatan Ogan Tol Kapal Betung ini menjadi bagian untuk percepatan penuntasan pembangunan jalan tol Kapal Betung.

"Kita targetkan pada Januari 2022 jalan Tol Kapal Betung ini sudah sampai Betung pembangunannya. Dengan keberadaan ruas tol ini akan diharapkan memberikan manfaat besar bagi masyarakat dengan memberikan solusi waktu perjalanan yang jauh lebih singkat sehingga dapat memberikan peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah setempat," tambahnya.

Di lokasi pengecoran, Gubernur Sumsel Herman Deru mengapresiasi Kementerian PUPR dan PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) atas komitmen untuk mempercepat penyelesaian pembangunan jalan Tol Kapal Betung. "Sebagai catatan penting, Jembatan Ogan Tol Kapal Betung ini menjadi jembatan tol terpanjang di Indonesia, tentu ini kebangaan tersendiri bagi masyarakat Sumsel," singkatnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2185 seconds (0.1#10.140)