Demi Cita-cita, Rela Jalan Kaki 2 Jam dan Melintasi Hutan

Senin, 15 Juli 2019 - 08:35 WIB
Demi Cita-cita, Rela Jalan Kaki 2 Jam dan Melintasi Hutan
Diah Hairunisa, Eli Ernawati, dan Putri Eka Lestari, yang setiap harus berjuang menuju sekolah mereka SMPN 51 Merangin, Kecamatan Tabir Barat, Kabupaten Merangin, Jambi. Foto: iNews TV/Nanang Fahrurozi
A A A
MERANGIN - Tiga pelajar SMPN 51 Merangin, Kecamatan Tabir Barat, Kabupaten Merangin, Jambi, Diah Hairunisa, Eli Ernawati, dan Putri Eka Lestari rela berjalan kaki berjam-jam dari rumah ke sekolahnya.

Semua itu mereka lakukan untuk bisa belajar di sekolah, ketiganya pun harus berjuang berat. Pasalnya, tidak ada kendaraan umum yang melintas dari desa mereka menuju sekolah. Sementara orang tua mereka hanyalah petani biasa, sehingga jalan kaki jadi pilihan untuk bisa ke sekolah setiap harinya.

Untuk pergi kesekolah, mereka harus berangkat sekitar pukul 06.00 WIB, dan tiba di sekolah sekitar pukul 08.00 WIB. Tak jarang juga mereka akhirnya terlambat masuk mengikuti jam mata pelajaran, karena jauhnya perjalanan.

”Pukul 05.00 WIB saya sudah bangun dan berangkat ke sekolah sekitar pukul 06.00 WIB. Sebab kalau jalan kaki harus kami tempuh dua jam lamanya. Dan terkadang harus terlambat sampai ke sekolah," ungkap Diah, Senin (15/7/2019).

Belum lagi soal jalan yang masih rusak. Namun kadang faktor cuaca menjadi kendala bagi ketiganya. "Jika hujan kami harus berteduh di jalan. Apalagi masih banyak hutan, kami terkadang ada rasa takut juga," ucapnya.

Di tengah perjuangan keras mereka untuk menuntut ilmu, terselip cita-cita tinggi yang tertanam di dalam diri mereka agar kelak bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tingi. "Saya ingin terus sekolah biar cita-cita saya tercapai, bisa banggakan orang tua saya," pungkasnya.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6446 seconds (0.1#10.140)