Viral Gaji Bupati Banjarnegara, Ganjar: Rp100 juta/bulan Itu Masuk Akal

Minggu, 06 Oktober 2019 - 13:44 WIB
Viral Gaji Bupati Banjarnegara, Ganjar: Rp100 juta/bulan Itu Masuk Akal
Postingan Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwonom mengenai slip gajinya yang hanya sebesar Rp5,9 jutajadi viral dan mendapat tanggapan dari berbagai pihak. Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono. Foto/iNews TV/Elis Nov
A A A
JAKARTA - Postingan Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono di media sosial mengenai slip gajinya sebesar Rp5,9 juta perbulan menjadi viral dan mendapat tanggapan warganet dan berbagai pihak.

"Semua tahu, bahwa gaji kepala daerah ya cuma segitu, maka jangan rebutan. Kalau tidak mau gaji segitu, ya jangan jadi kepala daerah," ucap Gubernur Jawa Tegah, Ganjar Pranowo saat acara Temu Kangen Kagama DKI Jakarta, di Ancol, Minggu (6/10/2019).

Menurutnya, seluruh bupati/wali kota bahkan gubernur sudah tahu proses apakah gaji kepala daerah akan naik atau tidak. Soal gaji itu, sudah dibahas sejak lama oleh Presiden, Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri.

"Semua sudah dibahas, Kemendagri sudah menyusun itu. PP nya sudah berujung, sebentar lagi selesai," tambahnya.

Ganjar membocorkan bahwa rencana kenaikan gaji kepala daerah kemungkinan akan diluncurkan setelah pelantikan Presiden.

Dia juga mengatakan bahwa sebenarnya bupati Banjarnegara sudah mengetahui terkait hal itu.

"Jadi itu (soal gaji) jangan diomongkan, karena semua orang udah tahu. Sebenarnya pak bupati sudah tahu, kan saat rapat di Istana Bogor, beliau juga hadir. Kalau memang tidak tahu, boleh bertanya pada saya, pada Kemendagri atau Presiden langsung," terangnya.

Meski menyesalkan viralnya gaji Bupati Banjarnegara itu, Ganjar mengatakan tidak akan memberikan teguran. "Tidak ada teguran. Hanya saya sampaikan saja, sabar," imbuhnya.

Disinggung tentang berapa idealnya gaji kepala daerah, Ganjar menerangkan hal itu sangat relatif. Namun dari obrolan bersama bupati/wali kota se Jateng, Ganjar menemukan angka yang diharapkan oleh mereka.

"Saat ada kasus OTT Kudus, saya tanya apa problemnya. Mereka menjawab bahwa pendapatan kurang. Terus saya tanya kalau kurang berapa? Mereka mengusulkan Rp100 juta," terangnya.

Menurut Ganjar, angka itu masuk akal. Meski itu hanya berdasarkan obrolan dan belum dilakukan riset

"Namun menurut saya, angka Rp100 juta itu masuk akal. Sudah saya komunikasikan dengan Presiden, Kemenkeu dan Kemendagri. Sudah saya ajak ngomong cukup lama. Ini memang butuh proses panjang. Sekali lagi, sabar," pungkasnya.

Sekadar diketahui, slip gaji Bupati Banjarnegara menjadi bahan pembicaraan di dunia maya. Dalam postingan itu, terta gaji Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono hanya Rp5,9 juta setelah dipotong untuk zakat.

"Mudah-mudahan beliau (Presiden) sebagai orang tua saya dan panutan saya bisa melihat keadaan gaji bupati yang ada di seluruh Indonesia, saya kira sama. Dari tahun 2010 sampai sekarang belum ada penyesuaian. Mudah-mudahan barangkali ada peningkatan, bisa bermanfaat untuk teman-teman kita semua di Indonesia yang sebagai kepala daerah," kata Budhi.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.9996 seconds (0.1#10.140)