Bus Salawat Siap Layani Jamaah 24 Jam

Senin, 15 Juli 2019 - 09:12 WIB
Bus Salawat Siap Layani Jamaah 24 Jam
Panitia sudah menyipakan Bus Salawat yang siap melayani jamaah 24 jam. dok
A A A
MADINAH - Jamaah haji setibanya di Mekkah langsung disambut Bus Shalawat. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sudah menyiapkan sekitar 200-an personel untuk memberikan pelayanan pada Bus Shalawat ini.

“Alhamdulillah tahun ini Bus Shalawat yang disiapkan juga baru, ini keluaran tahun 2019,” tandas Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Arab Saudi Hery Saripudin.

Dia mengingatkan para petugas untuk dapat menjaga kesehatan. “Saya ingin mengingatkan bapak-bapak agar tetap sehat. Waktunya makan, ya makan. Waktunya istirahat, ya istirahat. Atur di tim masing-masing. Karena kalau bapak-bapak sakit, bagaimana bapak akan memberikan pelayanan optimal bagi jamaah haji kita?” tandasnya.

Bukan tanpa alasan Hery berpesan demikian. Sekitar 200-an petugas transportasi ini akan bertugas di tiga terminal yang disiapkan sebagai tempat perhentian Bus Salawat. Tapi, jangan bayangkan bentuk terminal yang ada serupa dengan terminal bus di Indonesia. Tidak ada bentuk halte panjang berderet seperti terminal bus di Indonesia.

Ada tiga terminal yang disediakan yakni Syib Amir, Bab Ali, maupun Jiad yang hanya berupa sebuah lapangan terbuka beralas aspal dan beratap langit. Tidak ada papan nama yang menunjukkan itu terminal. Penandanya hanya sepasang bendera negara Indonesia dan Arab Saudi yang dipasang berjejer di satu titik. Begitu juga di halte-halte yang ada di sepanjang jalur rute Bus Salawat.

Kabid Transportasi PPIH Asep Subhana juga menyampaikan hal serupa. Dia meminta para petugas juga memperhatikan cairan tubuh yang masuk untuk memastikan mereka tidak mengalami dehidrasi ketika bekerja di bawah terik matahari. Para petugas juga harus melengkapi dirinya dengan alat perlindungan diri seperti kacamata hitam, topi, dan penyemprot wajah. “Pada masing-masing halte nanti ada dua petugas, yang dibagi dalam dua shift. Jadi setiap petugas melayani 12 jam dan total pelayanan selama 24 jam,” ungkap Asep.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1690 seconds (0.1#10.140)