Titik Api Terdeteksi di Hutan Lindung Marga Satwa Gajah, Pangdam Minta Tindakan Efektif

Jum'at, 11 Oktober 2019 - 20:56 WIB
Titik Api Terdeteksi di Hutan Lindung Marga Satwa Gajah, Pangdam Minta Tindakan Efektif
Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali terjadi di beberapa daerah di Provinsi Sumsel yang mengakibatkan meningkatnya kabut asap di Kota Palembang. Foto/SINDOnews/Berli Zulkanedy
A A A
PALEMBANG - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali terjadi di beberapa daerah di Provinsi Sumsel yang mengakibatkan meningkatnya kabut asap di Kota Palembang.

Akibat meningkatnya kabut asap tersebut, Pangdam II/Sri Wijaya Mayjen TNI Irwan mengintruksikan seluruh satuan jajarannya yang tergabung dalam Satgas Karhutla untuk segera mengambil langkah-langkah efektif. Hal itu untuk menangani titik api yang berada di beberapa lokasi Karhutla agar kebakaran lahan tersebut tidak semakin meluas.

Pangdam juga memerintah seluruh jajaran Satgas Darat Karhutla terutama kepada para Dandim selaku Dansubsatgas agar lebih memaksimalkan segala upaya untuk mengurangi hotspot di wilayah karhutla dari waktu kewaktu, sampai tidak ada lagi titik api yang menyala di lokasi kebakaran.

“Pangdam telah menegaskan kepada Dansubsatgas agar selalu berada dilapangan untuk mengendalikan penanganan karhutla dengan bekerja lebih keras lagi dan memastikan tidak ada lagi titik api yang menyala di wilayahnya," ungkap Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Inf Djohan Darmawan, Jumat (11/10/2019).

Penegasan Pangdam II/Swj tersebut terkait adanya kendala dalam upaya pemadam api yang dilakukan oleh Satgas Darat Karhutla di lokasi kebakaran. "Terutama di beberapa wilayah yang berada di lokasi Hutan Lindung dan Taman Nasional," ujar Kapendam.

Djohan juga mengungkapkan, dalam beberapa hari ini kondisi aktual kebakaran hutan dan lahan di Sumsel telah terjadi peningkatan data hotspot yang cukup signifikan yang terpantau pada aplikasi Lapan Fire, ini juga ditandai dengan adanya peningkatan kejadian kebakaran khususnya di wilayah-wilayah rawan karhutla yang merupakan lahan gambut.

Dari hasil laporan yang diterima pada hari ini, Djohan menjelaskan bahwa di daerah Padang Sugihan terdapat titik api di sektor AA14 di koordinat -300169, 105.21879 dan -30911, 105, 21717,29,7m.

Koordinat tersebut merupakan daerah yang sulit dijangkau oleh tim darat dan sumber air yang tidak ada serta merupakan gubah gambut wilayah tersebut juga merupakan Hutan Lindung Marga Satwa Gajah.

“Berdasarkan titik koordinat tersebut dan hasil pengecekan dengan alat Maverick dan cek fisik secara langsung di TKP, didapat bahwa lokasi tersebut berada di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI)," terangnya.

Menyikapi hal itu, sambung Djohan, kepada seluruh Dansubsatgas Darat Karhutla dan jajarannya, Danrem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono memerintahkan untuk melakukan penyekatan dengan alat berat agar api bisa di lokalisir sehingga api tidak merambat.

“Para Dansubsatgas diminta untuk memastikan bahwa pada hari ini api dapat segera dipadamkan di wilayah masing-masing dan mengendalikan langsung penanganan karhutla di lokasi serta melaporkan perkembangannya”, katanya.

Untuk memaksimalkan upaya pemadaman Karhutla, kita telah mengerahkan personel beserta peralatannya untuk melakukan proses pemadaman di Hutan Lindung dan Taman Nasional. "Selain itu, sudah ada bantuan helikopter Water Bombing yang siap operasional sebanyak 5 unit,” terangnya.

Untuk memastikan kondisi wilayah yang masih ada kebakaran serta memantau perkembangan kegiatan yang dilaksanakan Satgas Darat dalam pemadaman api di lokasi kebakaran, sekitar pukul 08.30 WIB, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, bersama Danrem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono, Danlanud SMH Palembang Kolonel (Pnb) Heri Sutrisno dan Sekretaris BPBD Sumsel, melaksanakan Patroli Udara ke beberapa wilayah Karhutla Sumsel dengan menggunakan Helikopter BNPB tipe As350 B3e/PK-DAM dengan Capten Pilot Donny dan Crew Heli Eng. A Rivai.

“Kegiatan Patroli Udara yang dilakukan Pangdam II/Swj berserta rombongan Take Off dari Apron Bravo Base Ops Lanud SMH Palembang dengan rute patroli, Desa Rambai, Sungutan, Pangkalan Lampam dan mendarat di Desa Ridding, OKI, untuk meninjau langsung lokasi karhutla dan tenda lapangan Satgas Gabungan di sana, sekaligus melakukan tatap muka dan diskusi dengan Dandim OKI, Danramil, Kapolsek dan anggota Satgas," kata Kapendam.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.6374 seconds (0.1#10.140)