Limbah Medis ODP Center Dimusnahkan dengan Cara Khusus

Senin, 04 Mei 2020 - 10:24 WIB
loading...
Limbah Medis ODP Center Dimusnahkan dengan Cara Khusus
Limbah medis ODP Center dimusnahkan dengan cara khusus. Foto SINDOnews
A A A
PALEMBANG - Pelaksana Harian ODP Center atau Rumah Sehat Jakabaring, Aufa Syahrizal menjamin pengelolaan limbah di ODP Center Jakabaring telah sesuai prosedur kesehatan. Di mana limbah medis di ODP Center tidak akan menjadi sumber penularan baru COVID-19 baik bagi pasien, tenaga medis, maupun masyarakat sekitar.

"Sejak awak itu sudah kita pikirkan. Limbah medis dan limbah biasa tentu kita pisahkan, baik cara maupun tempat pembuangannya," kata Aufa, Senin (04/05/2020).

Menurutnya, limbah medis bekas penanganan ODP COVIV-19 akan dikumpulkan di kantong khusus untuk dilakukan pemusnahan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumsel.

"Dimusnahkan di DLH menggunakan alat insinerator. Di alat itulah limbah tersebut akan dibakar dengan suhu 800 derajat. Limbah tersebut akan menjadi debu namun tetap tidak akan menimbulkan polusi," tuturnya.

Dirinya juga memastikan jika pengelolaan limbah tidak akan mencemari ataupun membahayakan lingkungan sekitar. "Pengelolaan limbah medis di ODP Center ini aman sehingga tidak akan berdampak pada masyarakat sekitar," tegasnya.

Sementara untuk limbah biasa, lanjutnya, akan langsung dilakukan pembuangan di tempat pembuangan sampah atau dibakar. "Tetap kita perhatikan. Minimal kita bakar untuk menghindari jika ada limbah medis yang tak sengaja tercampur," tandasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)