Kandidat Joe Biden Mulai Menyeleksi Kandidat Cawapres Perempuan

Senin, 04 Mei 2020 - 12:17 WIB
loading...
Kandidat Joe Biden Mulai Menyeleksi Kandidat Cawapres Perempuan
Cari Wakil Perempuan, Biden Mulai Menyeleksi Kandidat Cawapres Joe Biden. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Kandidat kuat calon presiden (capres) dari Partai Demokrat, Joe Biden, menyatakan telah menyiapkan komite bertujuan untuk menyeleksi calon wakil presiden (cawapres) yang menjadi pasangannya. Biden mengungkapkan, tim itu akan menyeleksi puluhan kandidat dan kandidat kulit hitam menjadi pertimbangan.

Biden memahami dirinya mendapatkan tekanan agar perempuan kulit hitam dipilih sebagai cawapresnya. “Saya memahaminya. Saya menjamin bahwa puluhan perempuan sedang dipertimbangkan. Untuk kandidat cawapres perempuan kulit hitam lebih dari satu akan dipertimbangkan pertama oleh komite,” katanya dilansir CNN.

Sebelumnya, Biden berjanji akan memiliki perempuan sebagai calon wakil presiden sebagai pasangannya jika memenangkan pemilu pendahuluan Partai Demokrat. “Saya terpilih sebagai presiden, kabinet saya, pemerintahan saja, akan terlihat seperti negara ini, dan saya berkomitmen bahwa saya akan menunjuk perempuan sebagai wakil presiden,” kata Biden.

“Banyak perempuan yang memenuhi kualifikasi sebagai presiden mendatang. Saya akan menunjuk perempuan sebagai wakil presiden saya,” ujarnya.

Sebenarnya ada enam perempuan yang bersaing dalam perebutan nominasi capres Partai Demokrat, seperti senator perempuan Elizabeth Warren, Amy Klobuchar, Kamala Harris, dan Kirsten Gillibrand. Selain itu, juga ada anggota dewan perwakilan rakyat (DPR), seperti Tulsi Gabbard dan Marianne Williamson.

Namun, Hillary Clinton memiliki peluang besar bagi Biden untuk menjadi kandidat calon wakil presiden setelah dia memberikan dukungan bagi mantan wakil presiden AS tersebut. Hanya saja, Biden mengatakan, perempuan yang dipilih adalah orang yang memiliki “simpati” dengan pandangan dan kebijakannya.

Dia juga telah berkonsultasi dengan mantan Presiden AS Barack Obama yang menasihatinya agar memiliki orang yang menutupi kelemahannya. “Cawapres yang mempunyai kekuatan di mana saya memiliki banyak kelemahan,” katanya.

Siapa saja anggota komite yang akan menjadi cawapres-nya Biden? Mereka adalah mantan senator Christopher Dodd, politikus Lisa Blunt Rochester dari Delaware, Wali Kota Los Angeles Eric Garcetti, dan Cynthia C. Hogan yang merupakan penasihat Biden.

Biden juga berjanji akan membangun pemerintahan yang beragam seperti AS. “Pemerintahan saya, kabinet, wakil presiden, dan hakim Mahkamah Agung akan seperti negara ini,” katanya.

Sebelumnya, Biden mendapatkan dukungan resmi dari Hillary Clinton yang pernah menjadi rival utama Presiden Donald Trump pada pemilu 2016. Dukungan Hillary menjadi modal besar bagi Biden untuk mampu mengalahkan Trump pada pemilu presiden November mendatang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)