Puasa, Ini Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Diabetes

Selasa, 05 Mei 2020 - 09:06 WIB
loading...
Puasa, Ini Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Diabetes
Foto/Ilustrasi/Dietdoctor.com
A A A
PALEMBANG - Menjalankan ibadah puasa menjadi tantangan tersendiri bagi penderita diabetes karena mereka tidak boleh makan sembarangan dan tentu banyak hal lain yang harus diperhatikan. Salah satunya menu untuk berbuka puasa.

Perlu diketahui, sangat penting bagi penderita diabetes untuk tetap mempertahankan pola makan yang seimbang agar senantiasa sehat dan lancar menjalankan ibadah puasa.

Penderita diabetes harus sadar bahwa kadar glukosa mereka haruslah dijaga dengan baik. Oleh sebab itu, penting untuk memerhatikan beberapa menu buka puasa yang baik untuk penderita diabetes.

Berikut adalah menu tersebut, seperti dilansir laman Diabetes UK.

1. Sayuran Hijau
Sayuran hijau sangat direkomendasikan sebagai menu buka puasa karena banyak mengandung vitamin dan mineral. Anda bisa mengonsumsi brokoli, bayam, dan masih banyak lagi. Sayuran hijau juga mengandung antioksidan yang tinggi.

2. Ikan
American Diabates Association mengatakan bahwa mengonsumsi ikan dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes. Meski demikan, proses pengolahannya juga harus diperhatikan, di mana disarankan ikan dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang.

3. Roti Gandum
Roti gandum bisa Anda konsumsi karena kaya akan serat. Ketika penderita diabetes mengonsumsi makanan kaya serat, maka akan membantu memperlambat proses pencernaan, sehingga dapat menjaga kadar gula darah lebih stabil.

4. Beras Merah
Beras merah kaya akan serat dan bisa Anda jadikan pengganti nasi putih. Beras merah juga diyakini dapat memperlambat proses pencernaan dan membantu menjaga kadar gula darah.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2436 seconds (0.1#10.140)