Satgasgab Karhutla Sumsel Gencar Padamkan Api

Kamis, 24 Oktober 2019 - 14:34 WIB
Satgasgab Karhutla Sumsel Gencar Padamkan Api
Satgasgab Karhutla Sumsel Gencar Padamkan Api. Foto/Pendam II Swj
A A A
PALEMBANG - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di beberapa wilayah Sumsel seperti di Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir (OI), Muaraenim dan Musi Banyuasin (Muba) masih terjadi sehingga menimbulkan dampak kabut asap menyelimuti Kota Palembang dan sekitarnya.

Upaya pemadaman api oleh Satgasgab Karhutla Sumsel di wilayah yang terdampak karhutla tersebut telah gencar dilakukan dari siang hingga malam hari.

Namun, kobaran api yang berpindah tempat membuat petugas kewalahan, ditambah sulitnya akses ketersediaan air di lokasi untuk melakukan pemadaman api.

Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Inf Djohan Darmawan, Kamis (24/10/2019) mengatakan, sulitnya mendapatkan sumber air menjadi tantangan terbesar bagi tim Satgas Darat untuk memadamkan api.

“Panas Api dan asap pekat yang menyelimuti wilayah kebakaran tak menyurutkan personel Satgas untuk terus berjibaku melakukan pemadaman api, termasuk upaya dengan melakukan pembuatan sumur bor di lokasi kebakaran," jelasnya.

Djohan juga menjelaskan, pemadaman sekaligus pendinginan masih terus dilakukan di lokasi kebakaran. Sejumlah alat berat juga diterjunkan ke lokasi kebakaran.

"Alat berat yang ada di sana untuk membuat penyekatan dengan kanal agar api tidak semakin meluas. Selain itu membuat embung air untuk mempermudah helikopter mendapatkan air agar bisa dilakukan water bombing karena di lokasi kebakaran minim air,” terangnya.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8757 seconds (0.1#10.140)