Indonesia Waspada Usai Tewasnya Pemimpin ISIS al-Baghdadi

Senin, 28 Oktober 2019 - 17:46 WIB
Indonesia Waspada Usai Tewasnya Pemimpin ISIS al-Baghdadi
Penampakan pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi di Masjid Agung Mosul, Irak, tahun 2014. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia waspada akan dampak lebih lanjut pasca kematian pemimpin kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), Abu Bakr al-Baghdadi.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius, Senin (28/10/2019).

Ditemui usai menandatangani kesepakatan dengan Maroko mengenai penanggulangan terorisme, Suhardi mengatakan apa yang terjadi di Timur Tengah dapat berpengaruh pada situasi dalam negeri Indonesia.

"Kita sudah mendengar itu (kematian Baghdadi), tapi kita harus tetap tidak boleh meremehkan, kita memperhatikan apa yang akan terjadi setelah ini," katanya.

"Kita harus hati-hati, karena itu akan berdampak. Karena sekarang ini semua masalah berdampak global, kejadian di Timur Tengah berdampak pada dalam negeri (Indonesia). Seluruh dunia, saya rasa buka cuma di Indonesia. Tadi Maroko juga menyampaikan itu, permasalahan tersebut juga menjadi permasalahan nasional mereka," paparnya.

Suhardi melanjutkan, Indonesia akan bekerjasama dengan sejumlah negara mengenai masalah ini. BNPT, kata dia, akan mengirim tim ke Irak dan Suriah untuk memantau perkembangan situasi terkini.

"Jadi, ideologi kan ada. Kita masih menanti progress-nya, bagaimana setelah diumumkan oleh Donald Trump, Presiden Amerika Serikat, kita juga akan mengikuti. Kita akan kerja sama terus dengan kementerian terkait termasuk, perwakilan Indonesia di luar negeri, di perbatasan Suriah, Irak," katanya.

"Kita akan kerja sama, kita akan kirim tim untuk meniai situasi terakhir bagaimana. Ini berhadapan dengan ideologi, jadi kita tidak boleh lengah sama sekali, mereduksi kalau bisa tanpa perlu ribut-ribut, bagaimana mentralisir itu semua dan bagaimana treatment yang pas," jelas Suhardi.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2716 seconds (0.1#10.140)