Pilih Mana, Huawei nova 5T, Oppo Reno atau Samsung A70?

Kamis, 31 Oktober 2019 - 12:51 WIB
Pilih Mana, Huawei nova 5T, Oppo Reno atau Samsung A70?
Pasar smartphone Indonesia penuh sesak dengan beragam produk handphone dari yang harga murah hingga mahal. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Pasar smartphone Indonesia tahun ini penuh sesak dengan beragam handphone dari kelas menengah hingga premium.

Menariknya, ponsel di kelas menengah memberikan banyak pilihan, baik dari sisi spesifikasi maupun harga.

SINDOnews mencatat, salah satu pemain smartphone kelas menengah, Oppo, mendatangkan produk barunya, Reno.

Dengan spesifikasi dan desain yang dimiliki, perangkat diprediksi semakin memperketat persaingan di kelas menengah.

Pabrikan lain yang ikut terjun meramaikan ponsel harga terjangkau adalah Huawei dengan nova 5T. Sementara Samsung sudah terlebih dulu melepas Galaxy A70.

Tentunya kehadiran tiga pabrikan besar smartphone di kelas yang sama dalam waktu berdekatan sangat menarik disimak.

Namun mengingat kemiripan harga dan beberapa spesifikasi teknologi yang diadopsinya membuat konsumen dituntut mampu melihat penawaran mana yang lebih menarik dan dibutuhkannya.

Gaya Desain dan Material Pembuatan

Ketiga smartphone mid-range tersebut menyajikan bahan dan desain bodi yang berbeda, tapi tetap menampilkan konsep yang mirip satu sama lain.

Yakni, tampilan bodi elegan yang selama ini menjadi daya tarik smartphone premium. Kualitas premium bodi ketiganya dapat dilihat nyata oleh konsumen dari kualitas tinggi bahan yang digunakan.

Bodi belakang Huawei nova 5T dan Oppo Reno berbahan kaca dan berkerangka logam. Sedangkan Samsung Galaxy A70, walaupun hanya menggunakan panel plastik tapi mampu memberikan tampilan mengkilap nan menarik.

Sedangkan dalam soal ukuran, A70 menjadi smartphone yang terbesar lalu diikuti Oppo Reno. Dari ketiganya, yang paling "mini" adalah nova 5T.

Mereka juga hadir dengan variasi warna yang cukup menarik konsumen. Ketika berbicara tentang port USB, mereka kompak mengusung USB Type C.

Tetapi untuk fitur mendengarkan musik atau audio, Samsung A70 dan Oppo Reno hanya dilengkapi port audio 3,5 mm. Di fitur ini nova 5T sudah dilengkapi dengan fitur Bluetooth 5.0.

Fitur ini akan mempermudah konektifitas audio para penyuka musik. Seperti diketahui, banyak pengguna Bluetooth 5.0 adalah teknologi Bluetooth terbaru yang sangat mendukung suara berkualitas tinggi.

Dapur Fotografi

Huawei nova 5T unggul di bidang fotografi karena memiliki lima kamera AI, tepatnya empat kamera AI di belakang dan sisanya di depan.

Untuk sensor utama beresolusi 48 MP, 16 MP kamera ultrawide, 2 MP kamera makro, dan 2 MP untuk kamera potret. Kemampuan fotografinya dilengkapi kamera depan berkemampuan 32 MP.

Sedangkan Samsung Galaxy A70 memiliki tiga kamera belakang. Masing-masing 32 MP sebagai kamera utama, 8 MP kamera ultrawide, 5 MP kamera potret, dan kamera depan 32 MP.

Menyusul kemudian Oppo Reno dnegan kamera belakang 48 MP sebagai sensor utama, 5 MP kamera potret, dan kamera depan pop-up 16 MP.

Bermain Game

Smartphone kelas menengah merupakan arena adu kecepatan prosesor bagi semua produsen handphone. Begitu pun dengan tiga produk baru ini.

Huawei nova 5T mengklaim prosesornya sebagai "King of Midrange Smartphone" dengan menyematkan flagship chipset Kirin 980 (7nm) sebagai prosesornya. Kirin adalah chipset yang dikembangkan sendiri oleh tim R&D Huawei.

Dengan menggunakan chipset Kirin, Huawei disebut-sebut dapat membuat perangkat sesuai dengan yang dinginkan konsumen.

Karena Kirin di desain untuk memaksimalkan performa dari produk Huawei, dan itu yang menjadi nilai lebih dari Huawei.

Chipset yang digunakan ini sama persis dengan yang ada pada smartphone pabrik sama yang berharga lebih mahal, Huawei P30 Pro.

Smartphone P30 Pro ini sudah masuk dalam kelas smartphone flagship yang dimiliki oleh Huawei saat ini.

Dukungan GPU Turbo pada nova 5T ikut memungkinkan permainan game yang cepat dan tanpa lagging.

Performa ini sangat ditunggu oleh kalangan gamer, mengingat hasil pertandingan yang positif sangat dipengaruhi kualitas chipset.

Sedangkan dua smartphone lainnya, Samsung A70 dan Oppo Reno 2F secara berurutan menggunakan Snapdragon 675 dan Mediatek Helio P70.

Melihat paket spesifikasi yang dibawa oleh Samsung Galaxy A70, Oppo Reno, dan Huawei nova 5T, kira-kira ponsel mana yang bakal Anda bawa pulang?
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0138 seconds (0.1#10.140)