Jangan Sepelekan Masalah Perut atau Pencernaan

Rabu, 06 November 2019 - 16:40 WIB
Jangan Sepelekan Masalah Perut atau Pencernaan
Chef Chitra mengungkapkan bahwa pemilihan menu makanan harus disesuaikan dengan waktu dan takaran porsinya. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Jangan anggap remeh masalah perut atau pencernaan karena kalau dibiarkan akan sangat mengganggu. Bahkan, jika mencapai level tertentu dapat membahayakan diri sendiri. Penting untuk menjaga asupan makan dan pola hidup sehat.

Chrysansia Chitra Dewi atau yang dikenal Chef Chitra mengungkapkan bahwa pemilihan menu makanan harus disesuaikan dengan waktu dan takaran porsinya.

Di pagi hari, misalnya, Chef Chitra menyarankan agar menghindari makanan pedas dan makanan berat.

"Hindari makanan yang terlalu berat supaya glukosa dalam tubuh tidak terlalu banyak, sehingga menyebabkan kantuk. Jadi pilih makanan yang kaya serat dan manisnya alami, yaitu dari buah dan sayur," ujar Chef Chitra dalam pernyataan resminya, Selasa (5/11).

Chef berparas cantik ini menekankan bahwa makanan yang mengandung karbohidrat dan protein, baik untuk dikonsumsi siang hari.

Sementara, kacang-kacangan bisa dipilih sebagai camilan saat sore untuk menghindari masalah pada pencernaan.

"Untuk malam, usahakan jangan makan di atas jam 7, dan hindari makan buah sebelum tidur karena itu akan terjadi pembusukan saat kita tidur. Kalau lapar bisa konsumsi makan seperti salad, sayur-sayuran, dan hindari makan berat," tuturnya.

Agar tidak mengalami gangguan pencernaan, Chef berdarah Sunda, Tionghoa, dan Belanda itu mengimbau menjalani pola hidup sehat yang mengacu pada program kesehatan pemerintah seperti Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

"Setiap hari biasakan mengonsumsi buah dan sayur, olahraga minimal 30 menit per hari. Biar pun sudah bersih-bersih rumah tetap usahakan olahraga. Jangan lupa minum air putih setiap hari minimal 2 liter dan meminimalisir makan makanan pedas karena bisa mengganggu pencernaan," terang wanita kelahiran 9 Agustus 1985.

Sementara itu, terkadang rasa tidak nyaman di perut juga kerap dirasakan setelah meminum kopi dan makan makanan pedas.

Untuk mengatasinya, Chef Chitra biasa mengonsumsi suplemen untuk menjaga tingkat keasaman lambung.

"Pernah punya masalah seperti naiknya gas lambung atau proses tidak nyaman, lalu saya beri suplemen Freegas, yang berguna melapisi atau mengurangi gas lambung sehingga ketika mengkonsumsi kopi atau makanan pedas tersebut menjadi lebih nyaman," ucapnya.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9954 seconds (0.1#10.140)