Mendagri Minta Polda dan Polres Amankan Ormas yang Kerap Memeras

Kamis, 07 November 2019 - 15:19 WIB
Mendagri Minta Polda dan Polres Amankan Ormas yang Kerap Memeras
Mendagri Tito Karnavian meminta Polda atau Polres menangkap anggota ormas yang melakukan pemerasan.Foto/Puspen Kemendagri/Dok
A A A
JAKARTA - Mendagri Tito Karnavian meminta polisi menangkap organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang kerap melakukan pemerasan ataupun intimidasi.

"Ormas itu kalau melakukan pelanggaran hukum, misalnya intimidasi, pemerasan segala macam tangkap saja. Tangkap saja kalau memang pidana. Tangkap saja oleh Polda atau Polres," ujar Tito Karnavian di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Jika hendak bekerja sama dengan pemerintah daerah, Tito menyarankan agar semua pihak diajak bicara terlebih dahulu.

"Kalau pengusaha yang berdampak itu undang, mau enggak dia digituin. Kalau seandainya pengusahanya mau, why not? Tapi, dilihat aturannya ada kemungkinan dikorupsi tidak, menguntungkan tidak untuk masyarakat?" kata mantan Kapolri ini.

Dia pun menyoroti unjuk rasa ormas di Bekasi, yang memaksa mengelola lahan parkir minimarket. "Yang enggak boleh kayak kemarin yang viral mengintimidasi," tuturnya.

Dia mengatakan, negara tidak boleh kalah oleh Ormas manapun. "Kalau ada yang melakukan intimidasi pemerasan kekerasan itu ada Undang-Undangnya. Tangkap. Kalau nanti ada yang mengatakan nanti masyarakat bisa ribut, enggak! Masyarakat mana dulu. Negara enggak boleh kalah, kekuatan hukum harus cukup," ucapnya.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6743 seconds (0.1#10.140)