Ponpes Nurul Iman Memprihatinkan, ACT Sumsel Sumbang 1 Ton Beras

Kamis, 07 November 2019 - 15:36 WIB
Ponpes Nurul Iman Memprihatinkan, ACT Sumsel Sumbang 1 Ton Beras
Ponpes Nurul Iman Memprihatinkan, ACT Sumsel Sumbang 1 Ton Beras. Foto/SINDOnews/Dede Feb
A A A
PALEMBANG - Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Iman di Desa Ujung Tanjung, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, kondisinya sangat memprihatinkan.

Jauh dari akses jalan raya dan perkampungan membuat siapa saja yang menuju ke lokasi ponpes tersebut membutuhkan perjuangan ekstra.

Berdiri sejak tahun 1962, Ponpes Nurul Iman diketahui merupakan salah satu ponpes tertua di Provinsi Sumsel. Akses menuju lokasi Ponpes ini tergolong sulit, terdapat dua jalan yang menjadi alternatif, pertama melewati jalan setapak menelusuri jalan tanah merah di tengah hutan dan lahan sawit.

Kedua, melewati jalan umum yang juga dengan kondisi tanah merah dan hanya dapat dilalui dengan kendaraan roda dua.

Perwakilan Tim Program Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumsel, Reza Ardiansyah mengatakan, dengan profil ponpes yang juga termasuk kurang memadai dalam fasilitas dan prasarana, melalui program Beras untuk Santri Indonesia (BERISI), pihaknya ingin memenuhi kebutuhan pangan para santri yang tergolong prasejahtera.

"Program BERISI ini akan kita jadikan program reguler dan Alhamdulillah hari ini kami dapat bertemu dan membagikan langsung 1 ton beras hasil kedermawanan para donatur yang disalurkan melalui ACT, insyaAllah menjadi berkah untuk kita semua," ujar Reza kepada SINDOnews, Kamis (7/11/2019).

Melalui program BERISI, kata Reza, ACT mengajak para dermawan untuk bersama peduli kebutuhan pangan para santri di pelosok Indonesia.

"Kondisi Ponpes Nurul Iman ini dapat dikatakan cukup memprihatinkan, terlihat dari bagaimana pondok-pondok yang beratap daun nipah menjadi tempat tinggal para santri disini. Meskipun ada sebagian asrama yang sudah di renovasi menjadi bangunan permanen, namun sarana dan prasarana bangunan tersebut juga tak dapat disebut layak," jelasnya.

Sementara itu, Pendiri Ponpes Nurul Iman, Samsuri mengucapkan terima kasih atas bantuan yang sudah diberikan ACT Sumsel.

"Alhamdulillah kami ucapkan terimakasih atas kehadiran ACT disini. Insyaallah bantuan 1 ton beras ini akan sangat bermanfaat bagi para santri disini, karena santri disini diajarkan mandiri, masak sendiri, peralatan seadanya, dan itu semua digabung di dalam satu ruangan yang merupakan tempat tidur sekaligus disulap jadi dapur, InsyaAllah mereka tetap semangat menuntutu klmu," papar Samsuri.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9207 seconds (0.1#10.140)