Resep Spesial Membuat Pempek Lenjer untuk Sajian Keluarga

Kamis, 18 Juli 2019 - 09:16 WIB
Resep Spesial Membuat Pempek Lenjer untuk Sajian Keluarga
Pempek Lenjer menjadi salah satu makanan khas Palembang. Cemilan yang satu ini juga disukai masyarakat Indonesia. Anda pun bisa membuatnya di rumah. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pempek khas Palembang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dengan tepung kanji dan telur tentu selalu menggoda selera penggemar kuliner.

Agar semakin sedap, dalam proses pembuatannya, pempek ditambah dengan bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa alami dan garam. Variasi pempek pun cukup beragam. Salah satunya pempek lenjer. Untuk menikmatinya, tak perlu jauh-jauh ke Palembang, makanan ini bisa dibuat di rumah untuk dinikmati bersama keluarga. Berikut resep membuat pempek lenjer seperti dikutip @berbagiresep.

Bahan-bahan:
500 gr tengggiri halus
5 siung bawang putih, haluskan
400 ml air es
400 gr sagu tani atau tapioka
Garam
Gula
Sagu secukupnya, untuk di tangan dan talenan

Bahan kuah cuko:
5 butir cabai merah keriting, haluskan
4 butir cabai rawit, haluskan
4 butir bawang putih, haluskan
500 ml air
150 gr gula merah, sisir
50 gr gula pasir
25 gr garam
4 sdm kecap asin
100 ml air asam jawa dari 2 sdm buah asam atau 4 sdm cuka
2 sdm ebi, sangrai hingga matang dan haluskan

Cara membuat:
Masukkan ikan, bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam baskom. Tambahkan garam, gula secukupnya. Tuang air sedikit-sedikit. Aduk rata sampai halus dan tidak berbiji. Tambahkan sagu sedikit-dikit, aduk rata pakai sendok. Taburi talenan dan tangan dengan sagu, ambil adonan pempek lalu bentuk lonjong.

Cemplungkan pempek ke dalam air yang mendidih. Rebus sampai matang. Angkat. Tiriskan. Kuah cuko, rebus semua bahan kecuali ebi hingga mendidih. Dinginkan lalu saring. Hidangkan pempek dengan kuah cuko. Pempek siap disajikan.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4321 seconds (0.1#10.140)