Jenderal Purnawirawan TNI AD 'Lepas Kangen' di Akmil Magelang

Senin, 11 November 2019 - 14:52 WIB
Jenderal Purnawirawan TNI AD Lepas Kangen di Akmil Magelang
Sejumlah mantan perwira tinggi TNI AD hadir dalam acara temu kangen, bertempat di Lapangan Pancasila, Lembah Tidar, KompeAkmil Magelang, Minggu 10 November 2019. Foto/Dispenad
A A A
JAKARTA - Sebanyak 168 calon wisudawan Purnawira Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat (AD) menggelar acara temu kangen di Lapangan Pancasila, Lembah Tidar, Kompleks Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Minggu 10 November 2019.

Acara temu kangen ini dilaksanakan satu hari sebelum dilaksanakan wisuda purnawira yang akan dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya menjelaskan dari 168 peserta temu kangen yang mengikuti upacara Wisuda Purnawira Pati TNI AD TA.2019 ini di antaranya adalah mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Purn Mulyono dan Menteri Kesehatan Letjen TNI Purn DR dr Terawan Putranto.

Acara ini, kata Kadispenad, wahana untuk saling bersilaturahmi dan berkomunikasi sesama calon wisudawan, serta dengan generasi penerus TNI AD, sehingga tumbuh keakraban dan ikatan yang semakin kokoh serta solid.

“Acara ini juga menjadi ajang untuk bernostalgia dan melepas kangen guna mengenang kembali masa-masa indah yang telah dilalui para calon Wisudawan saat menjadi taruna dan semasa aktif sebagai prajurit TNI AD,” ungkap Candra.

Acara temu kangen diawali dengan tradisi penyambutan wisudawan didampingi istri masing-masing di depan Pintu 1 Kesatrian Akmil oleh Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman beserta Istri serta pengalungan bunga dan pemberian bunga tangan dari Danmenkorpstar dan Kasetmenkoprstar kepada wisudawan tertua, yakni Jenderal TNI (Purn) Mulyono dan Ibu Sita Mulyono.

Selanjutnya para wisudawan didampingi istri masing-masing melihat foto-foto kenangan yang terpajang di sisi lapangan Pancasila.

Sambil menikmati hidangan dan beramah tamah, para wisudawan disuguhi penampilan apik dari Genderang Suling Canka Lokananta (GSCL) dan kolaborasi Taruna Akmil serta hiburan yang ditayangkan melalui videotron.

Gubernur Akmil mengatakan, tersirat pesan mendalam dalam acara temu kangen yang telah dijadikan tradisi di lingkungan TNI AD ini.

Pesan itu untuk generasi penerus TNI AD mengenai semangat pengabdian para Wisudawan sebagai prajurit pejuang, yang tidak pernah pudar di hati sanubari dalam derap langkah pengabdian kepada Tanah Air, bangsa dan negara.

"Nilai-nilai perjuangan TNI AD yang tetap terpatri di dalam hati sanubari para Wisudawan, dapat dijadikan sebagai dukungan moril bagi kami, dalam rangka mendidik kader-kader calon pimpinan TNI AD di masa depan," ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan wisudawan Jenderal TNI Purn Mulyono dalam sambutan menceriterakan pengalaman dan kesannya selama menjadi taruna dan mengabdi sebagai prajurit TNI AD.

Dalam kesempatan tersebut Jenderal TNI Purn Mulyono mengajak yang hadir untuk terus menjaga semangat juang, terutama dalam menjaga tegak kokohnya NKRI.

Dalam kesempatan temu kangen tersebut, KSAD didampingi Ketua Umum Persit KCK Hetty Andika Perkasa menyerahkan cinderamata berupa miniatur patung prajurit, penjepit dasi emas dan bros emas kepada perwakilan wisudawan, yakni Jenderal TNI Purn Mulyono dan Ibu Sita Mulyono.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9996 seconds (0.1#10.140)