Diabetes, Induk dari Segala Penyakit yang Perlu Diwaspadai

Kamis, 14 November 2019 - 11:40 WIB
Diabetes, Induk dari Segala Penyakit yang Perlu Diwaspadai
Diabetes merupakan ibu dari segala penyakit atau induk dari berbagai penyakit degeneratif seperti stroke, hipertensi, jantung koroner dan disfungsi ereksi. Foto/Medical News Today
A A A
JAKARTA - Diabetes dinilai sebagai induk dari berbagai penyakit degeneratif seperti stroke, hipertensi, jantung koroner dan disfungsi ereksi.

Diabetes disebut juga silent killer karena banyak orang tidak menyadari bahwa dirinya menyandang diabetes.

Oleh karena itu Konsultan Metabolik Endokrin Dr. dr. Fatimah Eliana, SpPD, KEMD, FINASIM menyatakan bahwa masyarakat harus terus disadarkan akan horornya diabetes.

“Masyarakat harus sadar beberapa gejala diabetes karena terkadang tidak disadari. Beberapa gejala diabetes yang sering muncul antara lain rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil, sering merasa ngantuk, sering merasa lapar dan lemas,” ungkap Eliana saat acara Gerakan Lawan Diabetes Bersama Dia di KalCare Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Bertepatan memperingati Hari Diabetes Sedunia pada tanggal 14 November, Diabetasol mengajak masyarakat Indonesia untuk secara bersama-sama melawan diabetes dengan cara pengaturan pola makan, konsultasi dengan tenaga medis, olahraga, serta minum obat yang diperlukan.

Berbagai kegiatan ini dilakukan Diabetasol di sepanjang November 2019, melalui platform online dan on-ground di berbagai daerah di Indonesia.

"Pada tahun ini, Diabetasol melakukan kampanye Lawan Diabetes Bersama Dia. Bersama Dia di sini mengandung makna mengajak semua pihak terkait diabetes untuk melakukan kontribusi bersama melawan diabetes, mulai dari keluarga, teman, tenaga medis, dan kami sebagai total solusi nutrisi diabetes yang selalu menemani penyandang diabetes mengatur pola makan sehat,” kata Group Business Unit Head of Special Needs Nutrition Kalbe Nutritionals Kiki Maria Sembiring.

Hari Diabetes Sedunia dimanfaatkan Diabetasol untuk menggemakan kesadaran akan diabetes, yang tahun ini akan ditempuh melalui jalur online dan on-ground (event) dalam bentuk berbagai acara.

Dari Toba sampai Timika akan menjadi saksi perlawanan terhadap diabetes yang menggema dari seluruh Indonesia, bersama Diabetasol.

“Sederhananya jika satu keluarga makan sehat dan olahraga bersama-sama, sang penyandang diabetes terbantu untuk beradaptasi dengan cepat pada gaya hidup sehat, seluruh anggota keluarga mendapat untungnya dan mendorong perilaku yang dapat mencegah diabetes di anggota keluarga lainnya. Mengelola diabetes membutuhkan perawatan harian, gaya hidup sehat dan pelajaran terus-menerus tanpa henti,” tutur Kiki.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9549 seconds (0.1#10.140)