Puluhan Ribu Personel Satlinmas Siaga Bencana di Sumsel

Senin, 18 November 2019 - 15:06 WIB
Puluhan Ribu Personel Satlinmas Siaga Bencana di Sumsel
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) mensiagakan 35.696 personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk mengantisipasi bencana alam banjir dan longsor. Foto SINDOnews/Dede F
A A A
PALEMBANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) mensiagakan 35.696 personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk mengantisipasi bencana alam banjir dan longsor. Sebanyak 16 petugas akan ditempatkan di setiap kelurahan dan desa. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Sumsel, Aris Saputra mengatakan, anggota Satlinmas memiliki 5 tugas pokok sesuai Permendagri Nomor 84 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat, seperti membantu penanggulangan bencana dan membantu keamanan, ketentraman, juga ketertiban masyarakat.

"Jadi di setiap kejadian bencana Satlinmas harus hadir membantu masyarakat baik itu bencana Karhutla, banjir, tanah longsor dan bencana lainnya," ujar Aris, Senin (18/112019).

Diakui Aris, puluhan ribu personel Satlinmas tersebut telah diberikan pelatihan penanggulangan dan pencegahan bencana. "Personel Satlinmas itu bukan tanpa pengalaman. Mereka telah berulang kali diterjunkan dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan di Sumsel," katanya.

Dijelaskan juga, untuk rekrutmen Satlinmas dilakukan melalui SK bupati dan wali kota. Idealnya, setiap kelurahan dan desa memiliki sekitar 16 Satlinmas. Jumlah itu bisa saja lebih banyak tergantung kemampuan anggaran daerah.

"Insentif anggota Satlinmas ini diberikan oleh pemerintah kabupaten dan kota, melalui dana insentif. Walau tidak terlalu besar, tapi perannya dalam menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan sungguh vital sehingga pemberdayaannya juga harus tepat," jelasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.6679 seconds (0.1#10.140)