Cegah Keriput Pascamenopause dengan Kacang Almond

Minggu, 24 November 2019 - 10:03 WIB
Cegah Keriput Pascamenopause dengan Kacang Almond
Kacang almond memiliki banyak manfaat. Selain mengendalikan kolesterol dan kadar gula darah, juga membantu mencegah keriput pascamenopause. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Almond dikenal bermanfaat bagi kesehatan diantaranya mengendalikan kolesterol dan kadar gula darah.

Bukan hanya itu, almond juga dikenal sebagai 'makanan otak' karena meningkatkan kekuatan otak. Namun, tidak banyak yang tahu tentang efek potensial almond pada kulit.

Sebuah studi percontohan yang dilakukan para peneliti di University of California telah menemukan bahwa konsumsi almond setiap hari dapat membantu ‘mengawasi’ kerutan pada wanita pascamenopause.

Penelitian ini untuk memeriksa efek almond pada kesehatan kulit. Penilaian kulit dilakukan pada awal penelitian, dan sekali lagi pada akhir empat minggu, delapan minggu, 12 minggu dan 16 minggu.

Pada akhir penelitian, analisis gambar foto menunjukkan peningkatan yang signifikan di antara peserta yang mengemil kacang almond setiap hari.

Seperti dilansir Times of India, para ahli menyebut manfaat anti-penuaan dari almond. Dokter kulit yang berbasis di Bengaluru, Dr Shoba Sudeep mengatakan bahwa almond dikenal sebagai makanan terbaik yang ‘menentang’ usia.

Almond memiliki berbagai elemen penting, seperti serat yang larut dan tidak larut, protein.

“Selain itu, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, seng, kalsium, magnesium dan vitamin E, yang bersama dengan antioksidannya, menghilangkan radikal bebas berbahaya dari tubuh. Dengan demikian, (almond) memberikan manfaat anti-penuaan,” kata Shoba.

Dr Raja Sivamani, seorang dokter kulit integrative menambahkan, almond baik untuk wanita pascamenopause.

"Makanan ini sebagai sarana untuk meningkatkan kesehatan kulit, sangat menarik bagi mereka yang mencari pilihan untuk penuaan yang sehat," kata Raja.

"Almond merupakan sumber antioksidan vitamin E yang kaya dan menyediakan asam lemak esensial dan polifenol. Almond menjadi pilihan cerdas untuk nutrisi yang baik secara keseluruhan. Almond dapat bermanfaat besar jika dikonsumsi sebagai bagian dari diet penuaan yang sehat, terutama bagi wanita pasca-menopause,” tegasnya.

Almond juga membantu memperbaiki kulit yang rusak secara internal dan juga mempercepat pembentukan sel-sel baru.

“Oleh karena itu, waktu dan tekstur kulit meningkat pesat. Asam lemak omega 3 dalam almond membantu memperkuat membran sel kulit,” ujar dia.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7159 seconds (0.1#10.140)