Nasi Pecel Khas Madiun, Ini Cara Membuatnya

Sabtu, 30 November 2019 - 14:36 WIB
Nasi Pecel Khas Madiun, Ini Cara Membuatnya
Nasi Pecel Madiun merupakan makanan yang dikombinasikan dengan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya. Untuk menikmatinya, Anda bisa membuatnya di rumah. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Nasi Pecel Madiun merupakan salah satu menu wajib yang harus dicoba saat berada di Kota Madiun. Namun, jika Anda belum sempat berkunjung ke daerah tersebut, Anda bisa membuat hidangan ini di rumah.

Caranya sederhana, bahannya pun mudah didapat. Pada dasarnya, nasi pecel merupakan makanan yang dikombinasikan dengan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya dan dicampur dengan aneka jenis sayuran.

Makanan ini populer terutama di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Berikut resep membuat Nasi Pecel Madiun seperti dikutip Endeustv.

Bahan-bahan:
Nasi putih
Kering tempe
Telur ceplok
Rempeyek kacang
Pecel madiun
150 g toge, buang akarnya
200 g kol, iris 1 cm
250 g kangkung, siangi
250 g kacang panjang, iris 3 cm
50 g daun kemangi
100 g petai cina atau lamtoro

Bahan sambal pecel:
100 ml minyak goreng
5 buah cabai merah
6 buah cabai rawit merah
6 siung bawang putih
6 cm kencur
15 lembar daun jeruk, iris halus
2 sdt terasi
100 g gula merah, siisr
2 sdm air asam jawa pekat
1 ΒΌ sdt garam
300 g kacang tanah berkulit goreng, haluskan
400 ml air panas

Cara membuat:
Rebus toge, kol, kangkung, dan kacang panjang secara terpisah. Angkat, tiriskan. Sambal pecel, goreng cabai, bawang merah, cabai rawit, bawang putih, dan kencur hingga matang. Angkat.

Haluskan sambal pecel selagi panas bersama daun jeruk, terasi, dan garam. Tambahkan gula merah, dan air asam jawa, ulek kembali hingga halus. Campurkan bersama kacang halus, kemudian larutkan dengan air panas. Aduk hingga larut.

Letakkan sayuran di atas piring saji, tuang sambal pecel di atasnya. Hidangkan dengan kering tempe, rempeyek dan telur ceplok.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1981 seconds (0.1#10.140)