alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Apple Klaim Nomor Satu Penjualan Handophone Premium

Muh Iqbal Marsyaf
Apple Klaim Nomor Satu Penjualan Handophone Premium
Apple diklaim sebagai penguasa pasar handphone kelas atas dunia berdasarkan riset Counterpoint. Foto/Ist

CUPERTINO - Berdasarkan laporan Counterpoint, agen riset pasar, pada kuartal ketiga tahun ini Apple mendominasi pasar smartphone kelas atas secara global.

Mereka menguasai pangsa pasar 52% lalu diikuti Samsung dan Huawei. Laporan tersebut menunjukkan pangsa pasar Apple di pasar handphone kelas atas terus meningkat pada kuartal ketiga tahun ini.

Yakni dari 48% menjadi 52% dan mereka terpantai belum menghadapi tantangan nyata di bidang ini. Samsung dan Huawei memang menguntit, tapi pangsa pasar kedua masing-masing hanya 25% dan 12%.



Laman Giz China mengutarakan, iPhone XR telah menjadi model high-end terlaris di dunia, terutama karena rasio harga-kinerja yang relatif masuk akal.

Sementara seri Mate 30 dan P30 Huawei laris manis di pasar China, dua model baru ini secara langsung meningkatkan pangsa mereka di smartphone kelas atas.

Perlu disebutkan OnePlus juga masuk di antara lima teratas dalam daftar. Pangsa pasar mereka meningkat dengan cepat hingga menguasai 2% pasar, terutama karena modelnya sangat populer di pasar India.

Secara umum, penerimaan konsumen global terhadap model kelas atas semakin tinggi dan semakin tinggi. Didorong oleh iPhone XR, kisaran harga USD600-799, yang masih menjadi pusat penjualan pasar ponsel pintar kelas atas.

Model dalam segmen harga USD800-999 juga sudah mulai meningkat. Ini didorong oleh seri Galaxy S10 dan Galaxy Note10 yang peningkatannya naik dari tahun ke tahun sebesar 145%.

Laporan tersebut juga menunjukkan pada kuartal ketiga tahun ini, harga pasar smartphone kelas atas terus meningkat dan ponsel 5G telah memainkan peran tertentu. Harga jualnya telah meningkat sekitar 5% di kuartal ketiga.

Mengenai pangsa pasar ponsel 5G saat ini, Samsung berada di peringkat pertama (terhitung 74%), LG dan Vivo menguasai 11% dan 5%.

Korea Selatan memiliki jaringan 5G komersial pertama di dunia, sehingga Samsung dan LG memiliki kelebihan yang tak tertandingi.



(boy)

loading...