Harbolnas 2019, Produk Lokal Diberi Ruang Khusus

Selasa, 10 Desember 2019 - 17:51 WIB
Harbolnas 2019, Produk Lokal Diberi Ruang Khusus
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto bersama idEA memberikan pemaparan terkait Harbolnas 2019. Foto/Fikri Kurniawan/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Berkaca dari tahun sebelumnya, produk terlaris dalam acara Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) adalah produk gaya hidup dan perangkat elektronik.

Mayoritas penjualan yang mengikuti kegiatan ini menawarkan dua produk tersebut. Namun kali ini ada yang berbeda dari pesta diskon yang juga dikenal dengan sebutan 12.12.

Sebab perhelatan tahun ini juga menghadirkan produk komoditas hasil bumi yang bisa dinikmati oleh para pencari diskon.

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Ignatius Untung, menjelaskan, Harbolnas 2019 akan diselenggarakan selama dua hari, yakni 11 dan 12 Desember 2019. Pihaknya berharap, Harbolnas 2019 bisa memberi kemudahan dan kenyamanan saat konsumen berbelanja.

"Selamat bergabung kepada Sayur Box, Tani Hub, dan Brambang.com, sebagai penjual produk hasil bumi," sebutnya saat peresmian Harbolnas 2019, di Hotel Borobudur Jakarta.

Lebih lanjut dikatakan, ketiga pemain yang baru hadir di Harbolnas ini telah memenuhi syarat perlindungan terhadap konsumen.

"Sekitar 300 penjual yang mendaftarkan diri untuk ikut Harbolnas 2019, hanya 235 penjual yang diloloskan oleh asosiasi," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, berharap produk lokal dapat menduduki posisi yang bergengsi di hati para penyuka belanja.

Tetapi juga berharap Harbolnas 2019 bisa memberi manfaat kepada seluruh stakeholder e-commerce yang ada.

"Khusunya UMKM dalam meningkatkan skala usaha dan memanfaatkan e-commerce untuk memasarkan produknya, agar lebih efisien dengan jangkauan global," harap Agus dalam kesempatan yang sama

Perhelatan Harbolnas 2019 memang memberi ruang khusus bagi produk-produk lokal. Dari dua hari diadakannya diskon, satu hari fokus penjualan produk lokal.

"Khusus 11 Desember 2019, semua promo ditunjukkan untuk semua produk lokal. Semua promo bisa dicek di harbolnas.idea.or.id," pungkas Untung.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8642 seconds (0.1#10.140)