Olahan Rumahan Nugget Ayam ala Korea

Rabu, 13 Mei 2020 - 11:14 WIB
loading...
Olahan Rumahan Nugget Ayam ala Korea
Ilustrasi. Foto/Dok. Blue Band
A A A
PALEMBANG - Nugget ayam, menu ini seringmenjadi andalan para ibu untuk memenuhi asupan makan si buah hati. Selain bergizi, nugget juga enak dan "ramah" di mulut anak-anak alias lembut.

Nugget ayam siap masak memang banyak tersedia di pasaran. Tapi, sekali-kali cobalah Anda buat sendiri di rumah. Selain hemat, nugget ayam buatan sendiri tentu lebih terjamin gizinya.

Nah, supaya agak beda, kali ini coba buat nugget ayam ala Korea. Cita rasanya akan sedikit tak sama dengan nugget ayam kebanyakan karena nugget ayam Korea mengandung jahe dan madu.

Selain itu, nugget ayam Korea memiliki saus khusus sebagai baluran yang juga gampang dibuat sendiri di rumah. Jadi balurannya di sini bukan tepung roti atau tepung panir seperti nugget yang kita kenal.

Mau mencoba? Berikut langkah-langkah membuat nugget ayam ala Korea, seperti dikutip dari resep Blue Band yang diterima SINDOnews.

Bahan Nugget Ayam:
300 gr filet dada ayam tanpa kulit, potong dadu
3 siung bawang putih, cincang halus
2 sdt garam
1 sdt merica putih bubuk
1/2 sdt jahe parut
2 butir telur ayam, kocok rata
120 gr tepung terigu serbaguna
300 ml minyak untuk menggoreng

Bahan Saus ala Korea:
5 sdm margarin
135 gr saus sambal pedas manis siap santap
80 ml madu
2 sdm kecap asin
3 sdt air jeruk lemon

Cara membuat:
1. Nugget: di dalam wadah, aduk rata ayam, bawang putih, garam, merica, dan jahe. Diamkan selama 15 menit hingga bumbu meresap.
2. Gulingkan ayam ke dalam tepung terigu, lalu celupkan ke dalam telur yang telah dikocok. Kemudian gulingkan kembali ke dalam tepung.
3. Goreng ayam di dalam minyak panas dan banyak secara bertahap hingga matang serta berwarna keemasan. Angkat, tiriskan.
4. Saus: panaskan margarin di dalam wajan. Masukkan saus sambal, madu, kecap asin, dan air jeruk lemon. Didihkan.
5. Penyelesaian: masukkan ayam yang telah digoreng ke dalam wajan berisi saus. Aduk, lalu masak sebentar hingga bumbu menyerap. Angkat.
6. Sajikan segera.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1995 seconds (0.1#10.140)