Warga Sumsel Diimbau, Salat Id di Rumah dan Halalbihalal Via Medsos

Kamis, 14 Mei 2020 - 21:14 WIB
loading...
Warga Sumsel Diimbau, Salat Id di Rumah dan Halalbihalal Via Medsos
Gubernur Sumsel Saat Mengeluarkan Imbauan. Foto/SINDOnews/DedeFebriansyah
A A A
PALEMBANG - Semakin masifnya penyebaran COVID-19 di Sumatera Selatan (Sumsel) membuat Gubernur Sumsel Herman Deru mengeluarkan imbauan lebih dini kepada masyarakatnya. Imbauan itu agar pelaksanakan salat Idul Fitri di tahun ini digelar di rumah masing-masing, atau tidak dilakukan di masjid dan lapangan dengan berjamaah seperti yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Gubernur Sumsel, imbauan untuk salat di rumah diyakini dapat mencegah masyarakat agar tidak berkerumun di satu tempat sehingga bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Kita bukan melarang ibadah salat Id tetapi pelaksanaan itu yang kita larang. Kita imbau kepada masyarakat untuk tetap beribadah di rumah masing-masing," ujar Gubernur Sumsel Herman Deru, Kamis (14/05/2020).

Dijelaskan Deru, imbauan tersebut selaras dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Menteri Agama dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). ( Baca:THR PNS Golongan Bawah di Muba Cair, Golongan Atas Harap Bersabar )

"Saya sudah intruksikan kepada Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel untuk bertemu dengan MUI dan tokoh agama setempat guna melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menggelar salat Id di rumah masing-masing," jelasnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumsel, Alfajri Zabidi mengatakan, berdasarkan surat edaran yang telah dikeluarkan Menteri Agama maka masyarakat diimbau untuk mengelar salat Id tahun ini di rumah masing-masing.

"Jadi kepala keluarga bisa menjadi imam dan khotib. Ada banyak panduanya, dan bisa dipelajari. Silakan untuk lebih baik salat Id di rumah masing-masing. Dan untuk silaturahmi atau halalbihalal yang lazim dilaksanakan ketika hari raya Idul Fitri nanti juga bisa dilakukan melalui media sosial dan videocall," tandasnya.
(ihs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1855 seconds (0.1#10.140)