Kelebihan Radiasi, Dua Raksasa Handphone Dituntut

Senin, 23 Desember 2019 - 14:19 WIB
Kelebihan Radiasi, Dua Raksasa Handphone Dituntut
Pengacara di AS tuntut Apple dan Samsung karena sejumlah handphone-nya memancarkan radiasi yang melebihi ketentuan Amerika Serikat. Foto/Giz China
A A A
WASHINGTON - Sejumlah pengacara menggugat sejumlah handphone Apple dan Samsung di Amerika Serikat (AS) karena melebihi batas radiasi yang seharusnya.

Tuntutan itu merujuk hasil penelitian laboratorium Komisi Komunikasi Federal Amerika Serikat (FCC).

Laman Giz China melaporkan, FCC telah melakukan penelitian yang mengonfirmasi beberapa ponsel dari dua merek ini melebihi batas radiasi yang ditetapkan di negara tersebut.

Dengan cara ini, FeganScott, sebuah firma hukum Amerika, telah memutuskan untuk menggugat produsen karena diduga membahayakan kesehatan konsumen.

Giz China menyebut BusinessWire menjadi media yang telah mengungkapkan semua detail dari salah satu masalah paling kontroversial sepanjang tahun ini.

Kedua telah dikecam oleh firma hukum karena melebihi batas radiasi yang diberlakukan di Amerika Serikat.

Beth Fegan, manajer senior FeganScott, menegaskan, produsen handphone yang mengeluarkan radiasi ini harus bertanggung jawab atas tindakan semacam itu.

“Ponsel pintar Apple dan Samsung telah mengubah cara hidup kita. Orang dewasa, remaja dan anak-anak bangun untuk memeriksa email mereka atau bermain game dan melakukan latihan kerja atau sekolah di smartphone mereka. Mereka membawa alat-alat ini di saku mereka sepanjang hari dan benar-benar tertidur bersama mereka di tempat tidurnya,” kata Fegan.

"Pemilik ponsel cerdas di seluruh negeri layak untuk mengetahui bahwa tingkat radiasi RF dari ponsel cerdas ketika menyentuh kulit atau digunakan dekat dengan tubuh mungkin tidak aman," tambah Fegan.

Secara khusus, penelitian ini berfokus pada model-model seperti iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone XR, Galaxy S8, Galaxy S9, dan Galaxy S10.

Rinciannya, iPhone 8 melampaui batas paparan federal lima kali dan Samsung Galaxy S8 meningkatkan levelnya lebih dari tiga kali di atas skala yang diizinkan di AS.

“Para pabrikan mengatakan kepada konsumen bahwa ini aman. Jadi kami tahu itu penting untuk menguji paparan radiasi RF dan melihat apakah ini benar," kata Fegan.

"Itu tidak benar. Hasil independen mengonfirmasi bahwa tingkat radiasi RF jauh di atas batas paparan federal. Konsumen berhak mengetahui kebenaran.”

Memang benar bahwa kebiasaan orang telah berubah dengan munculnya teknologi. Belakangan kita menghabiskan waktu berjam-jam bersama smartphone.

Jadi bahayanya meningkat jika tingkat radiasi melebihi batas yang ditentukan. Firma hukum mengharuskan produsen membayar untuk masalah kesehatan yang disebabkan oleh perangkat ini.

Sekarang, mereka berusaha mewakili semua pemilik perangkat ini sehingga mereka dapat memberi bantuan medis.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6127 seconds (0.1#10.140)