Gurihnya Nasi Daun Jeruk untuk Santap Sahur

Jum'at, 15 Mei 2020 - 14:13 WIB
loading...
Gurihnya Nasi Daun Jeruk untuk Santap Sahur
Jika bosan dengan tampilan dan rasa nasi yang begitu-begitu saja untuk sahur, maka nasi daun jeruk ini bisa menjadi alternatif yang membuat nasi jadi istimewa. Foto/YouTube/Devina Hermawan
A A A
PALEMBANG - Nasi masih menjadi pilihan utama sebagian besar orang Indonesia sebagai makanan pokok saat sahur selama puasa Ramadhan.

Namun, tampilan sajian dan rasa nasi yang begitu-begitu saja bisa membuat orang bosan dan makan karena terpaksa.

Nah, jika sudah begini, maka kreativitas pun diperlukan. Salah satunya adalah mengubah nasi biasa dengan menambahkan daun jeruk menjadi nasi daun jeruk.

Ini membuat cita rasa nasi pun menjadi tambah nikmat. Cara membuatnya mudah. Menu satu ini juga bisa menjadi pilihan untuk santap sahur bersama keluarga tercinta.

Berikut resep membuat nasi daun jeruk seperti dikutip dari YouTube Devina Hermawan. (Baca Juga: Racik dan Kreasikan Minuman Boba di Rumah)

Bahan nasi daun jeruk:
1 cup nasi putih
10 daun jeruk
6 siung bawang putih
2 sdm butter
10 ml minyak goreng
ÂĽ kaldu jamur

Bahan sambal korek:
5 cabai rawit merah
6 siung bawang merah
1 siung bawang putih
20 ml minyak goreng
½ sdt garam
½ sdt gula pasir
ÂĽ sdt kaldu jamur

Bahan ayam popcorn:
250 gr ayam paha fillet
1 sdm minyak goreng
1 sdt bawang merah bubuk
1 sdt bawang putih bubuk
½ sdt paprika bubuk
½ sdt garam
ÂĽ sdt merica
200 gr tepung terigu
1 sdt bawang merah bubuk
1 sdt bawang putih bubuk
½ sdt paprika bubuk
½ sdt garam
ÂĽ sdt merica
250 ml air
250 ml minyak goreng

Cara membuat:
1. Untuk sambal, ulek bawang merah, bawang putih, cabe rawit, gula, garam dan kaldu jamur sampai halus lalu tuang minyak panas. Iris tipis daun jeruk, buang batangnya. Cincang halus bawang putih.

2. Untuk nasi daun jeruk, panaskan minyak, tumis bawang putih sampai layu tambahkan daun jeruk. Angkat dari api, tambahkan mentega lalu aduk rata.

3. Masukkan nasi, tambahkan kaldu jamur. Aduk rata. Untuk ayam popcorn, potong ayam kecil-kecil, masukkan dalam wadah. Tambahkan minyak, bawang merah bubuk, paprika bubuk, garam, dan merica. Diamkan minimal 15 menit. Untuk adonan tepung, campurkan tepung terigu dengan bawang merah bubuk, bawang putih bubuk, paprika bubuk, garam dan merica. Aduk rata.

4. Masukkan ayam ke adonan tepung, lalu saring. Celupkan ke mangkuk berisikan air, angkat lalu gulingkan lagi ke adonan tepung. Panaskan minyak, goreng ayam hingga kuning keemasan. Tata nasi daun jeruk, ayam popcorn dan sambal korek ke dalam mangkuk. Nasi daun jeruk siap disajikan.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)