Evaluasi Gugas Tugas: Ini Upaya Strategis Penanganan Corona di OKI

Senin, 18 Mei 2020 - 22:06 WIB
loading...
Evaluasi Gugas Tugas: Ini Upaya Strategis Penanganan Corona di OKI
Anggota Gugus Tugas COVID-19 OKI. Foto/SINDOnews/NovanWijaya
A A A
OKI - Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19 Kabupaten OKI menggelar rapat evaluasi di Sekretariat Gugus Tugas Kantor BPBD Kabupaten OKI pada hari ini, Senin (18/5/2020).

Bupati Ogan Komering Ilir H. Iskandar, SE selaku ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 OKI memimpin langsung rapat yang dihadiri Kapolres OKI AKBP Alamsyah Pelupessy, Dandim 0402 OKI Kolonel CZI Zamroni S.Sos, serta organisasi perangkat daerah terkait.

Dalam kesempatan itu Bupati Iskandar menyampaikan beberapa poin penting penangan COVID-19 di Bumi Bende Seguguk. Salah Satunya penguatan senergi semua pihak dalam melawan pandemi Corona.

“Kita semua memiliki peranan dan fungsi, baik TNI, Polri maupun pemda untuk saling mendukung dalam satu kesatuan gugus tugas penangan Corona ,” ungkap Iskandar.

Dengan bertambahnya pasien positif, orang dalam pemantauan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP), kata Iskandar, bukan berarti Gugus Tugas tidak bekerja. ( Baca:Ini Hasil Kerja Polri Dalam Rangka Mencegah Penyebaran Corona )

“Kita mampu memantau pelaku perjalanan wilayah terjangkit (PPT). Jumlahnya sekarang mencapai 12 ribu. Artinya kita telah mampu melakukan pengawasan ketat, melakukan isolasi terpusat, melakukan kerja-kerja penanggulangan lainya,” aku Iskandar.

Iskandar juga memastikan kesiapan OKI menghadapi terjadinya lonjakan pasien positif Corona dengan menyiapkan ODP center dan PDP center di kawasan Wisata Teluk Gelam. Dengan begitu, pelayanan di fasilitas kesehatan tidak terganggu. Masyarakat ataupun pasien yang ingin berobat tidak merasa takut akan tertular virus Corona.

Kepala BPBD OKI Listiadi Martin mengungkapkan, pihaknya sedang menyiapkan petugas pemakaman jenazah yang dilatih khusus sesuai protokol atau SOP COVID-19. Hal ini menurut dia merespons sejumlah penolakan warga terkait pemakaman jenazah korban COVID-19.

“Jenazah pasien COVID-19 tentu memerlukan penanganan khusus. Untuk itu kita latih petugas khusus untuk melayani,” ungkap dia.

Kapolres OKI, AKBP Alamsyah Pelupessy menyarankan untuk disiapkan ambulans atau kendaraan khusus Covid-19. Ambulans ini hanya digunakan untuk operasional pasien COVID-19.

“Perlu disiapkan kendaraan khusus Covid-19 berikut sopirnya agar tidak ada miskomunikasi dilapangan," ungkap Alamsyah.

Sementera, Dandim 0402 OKI Kolonel CZI Zamroni S.Sos mengungkap jajarannya siap memberi dukungan terhadap percepatan penanganan Covid-19 di Ogan Komering Ilir.

“Kami akan backup penuh gugus tugas karena kita ini satu kesatuan baik untuk penanganan kesehatan, jaring pengamanan sosial maupun dampak ekonominya. TNI ada sesuai dengan fungsinya,” tegas Dandim.
(ihs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9488 seconds (0.1#10.140)