Buang Sendok dan Garpu agar Dapat Banyak Maanfaat Saat Makan

Sabtu, 18 April 2020 - 10:55 WIB
loading...
Buang Sendok dan Garpu agar Dapat Banyak Maanfaat Saat Makan
foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Umumnya, orang merasa lebih nyaman makan dengan sendok. Tetapi, tahukah Anda bahwa makan dengan tangan memiliki manfaat kesehatan. Seperti dilansir Times of India, ada beberapa alasan yang cukup baik untuk makan dengan tangan dan Anda akan tahu manfaatnya untuk kesehatan daripada makan dengan sendok.

1. Meningkatkan sirkulasi darah
Makan dengan tangan Anda adalah olahraga yang luar biasa yang selanjutnya membantu sirkulasi darah. Baik itu mencampur makanan Anda bersama-sama atau membentuk gigitan makanan, menggunakan tangan Anda membuat persendian dan jari-jari Anda bergerak, yang setara dengan olahraga tangan lainnya.

2. Membantu Anda mempertahankan proporsi makanan
Makan dengan tangan adalah proses yang relatif lambat daripada makan dengan sendok. Dengan demikian, Anda tidak hanya menghabiskan lebih banyak waktu mengunyah makanan, juga makan lebih sedikit daripada yang biasanya Anda makan dengan sendok. ( Baca: RB-Shopee Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan di Masa Pandemi Corona )

3. Membentuk koneksi dengan makanan

Makan menggunakan tangan telah menjadi tradisi lama. Orang-orang tak hanya menggunakan tangan untuk makan, juga terbiasa duduk di tanah selama makan. Meskipun telah maju ke alat makan mewah dan meja makan, makan dengan tangan masih memiliki hubungan khusus dari masing-masing orang. Makan dengan tangan tidak hanya membuat kita merasa nostalgia, juga membuat kita membentuk hubungan dengan apa yang kita makan.

4. Pencernaan yang lebih baik
Tangan, perut, dan usus adalah rumah bagi beberapa bakteri yang dikatakan melindungi diri dari penyakit. Makan dengan tangan membantu bakteri ini memasuki tubuh dan melindungi sistem pencernaan agar tidak terkena bakteri berbahaya. Pastikan Anda selalu mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum duduk untuk makan.

5. Dapat mencegah diabetes tipe-2
Makan dengan sendok dan alat makan berkorelasi dengan makan lebih cepat yang dikaitkan dengan ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh. Ini mungkin menimbulkan diabetes tipe-2.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal 'Nutrisi Klinis', orang dengan diabetes tipe-2 lebih cenderung menjadi pemakan cepat yang menggunakan peralatan makan, dibandingkan dengan orang tanpa kondisi. Telah terbukti bahwa makan dengan tangan, memperlambat proses makan dan dengan demikian, mencegah Anda terkena diabetes tipe-2.

Jadi, membuang sendok dan garpu adalah cara terbaik untuk memiliki tubuh dan usus yang lebih sehat.
(ihs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3348 seconds (0.1#10.140)