BNPB Imbau Warga Tak Panik Soal Peringatan Dini Cuaca Kedubes AS

Rabu, 08 Januari 2020 - 12:18 WIB
BNPB Imbau Warga Tak Panik Soal Peringatan Dini Cuaca Kedubes AS
Foto/SINDOphoto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menanggapi seputar peringatan dini yang disampaikan Kedubes Amerika Serikat (AS) pada warganya yang tinggal di Indonesia ini, khususnya di Jabodetabek.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo mengatakan, Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat memang masih ada di Jakarta, terutama pada periode 9-12 Januari 2020.

BMKG memprediksikan intensitas hujan tidak seekstrim curah hujan pada tanggal 1 Januari 2020, kemarin.

"Maka itu, menanggapi peringatan dini cuaca atau weather alert dari Kedutaan Besar Amerika Serikat pada 12 Januari 2020 yang akan datang, masyarakat khususnya di wilayah Jabodetabek tidak perlu panik," ujarnya pada wartawan, Rabu (8/1/2020).

Menurutnya, dengan adanya cuaca dini tersebut, masyarakat di kawasan Jabodetabek tak perlu panik, tapi tetap waspada, siaga, dan menyiapkan rencana darurat keluarga.

Adapun rencana darurat keluarga itu bisa dilakukan sejak dini guna mengantisipasi potensi terjadinya hal tak diinginkan, khususnya bencana.

"Langkah ini juga perlu diterapkan oleh setiap keluarga di Indonesia, mengingat potensi bahaya bisa terjadi kapan pun dan di mana pun," ucapnya.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9908 seconds (0.1#10.140)