Psikolog: Ini Tips Hindari Predator Seks

Rabu, 08 Januari 2020 - 16:20 WIB
Psikolog: Ini Tips Hindari Predator Seks
Ilustrasi/SINDOnews/dok
A A A
JAKARTA - Kejahatan yang dilakukan Reynhard Sinaga yang memperkosa ratusan pria mendapat perhatian dunia. Pria asal Indonesia ini terbukti bersalah dalam 159 kasus pemerkosaan dan serangan seksual terhadap 48 korban lelaki di Inggris.

Terkait kejahatan yang dilakukannya itu, Reynhard dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh Pengadilan Manchester, Inggris.

Kepolisian Manchester memiliki bukti 195 video kekerasan seksual yang dilakukan oleh pria lulusan Arsitektur Universitas Indonesia (UI) itu, di mana sejumlah korban diperkosa berkali-kali.

Reynhard diketahui memperkosa korbannya setelah memberi minuman yang dicampur obat penenang berjenis GHB atau gamma-hydroxybutyrate. Gara=gara aksi tersebut, Reynhard mendapat julukan Predator Setan.

Psikolog Nana Gerhana, M.Psi menjelaskan, siapa saja bisa menjadi korban perkosaan predator seks. Karena itu diperlukan kewaspadaan yang tinggi agar kita tetap aman saat berada di manapun.

"Kita sangat mungkin menjadi korban serta tak mampu memprediksi kapan dan di mana kejadian malang akan menimpa kita. Tapi, kita mampu menghindari diri menjadi korban predator seks," kata Nana saat dihubungi SINDOnews, kemarin.

Nana tak lupa memberikan tips kepada seluruh masyarakat agar terhindar dari predator seks seperti Reynhard Sinaga. Berikut ulasannya.

1. Hindari tempat hiburan malam. Jika tetap beracara, sebaiknya bepergian dengan teman yang dikenal dan beritahu orang terdekat. Berikan beberapa nomor teman yang dapat dihubungi kepada orangtua atau keluarga.
2. Hindari minuman beralkohol atau mengkonsumsi obat yang mampu menghilangkan kesadaran.
3. Untuk orangtua sebaiknya batasi jam keluar malam anak.
4. Jika merasa ada orang yang mencurigakan, segera hubungi petugas keamanan.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8008 seconds (0.1#10.140)