Benarkah Susu Murni Lebih Baik untuk Kesehatan Anak?

Minggu, 12 Januari 2020 - 12:27 WIB
Benarkah Susu Murni Lebih Baik untuk Kesehatan Anak?
Sejumlah ilmuwan menyebut susu rendah lemak lebh baik bila dibandingkan dengan mereka yang minum susu murni berada pada 39 persen penurunan risiko obesitas. Foto/Istimewa
A A A
NEW DELHI - Berdasarkan laporan The New York Times yang dikutip American Academy of Pediatrics, susu murni dianggap lebih sehat untuk meningkatkan berat badan anak-anak daripada susu rendah lemak. Benarkah?

Anak-anak yang menginjak dua tahun dianjutkan untuk beralih ke susu skim atau rendah lemak (satu persen).

Untuk sampai pada hasil, peneliti di Kanada memeriksa 14 studi prospektif yang mencakup 20.897 anak-anak hingga usia 18 tahun.

Anak-anak yang minum susu murni dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi susu yang mengandung kurang dari dua persen lemak.

Setelah semua data berasimilasi, disimpulkan oleh para ilmuwan bahwa anak-anak yang mengonsumsi susu rendah lemak berada pada 39 persen penurunan risiko obesitas, dibandingkan dengan mereka yang minum susu murni.

Artinya, konsumsi susu murni lebih baik. Analisis ini diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Hasil akhir mungkin karena sejumlah alasan.

Laporan yang sama menyatakan bahwa itu mungkin karena anak-anak yang minum susu murni memiliki kalori lebih sedikit.

Ini juga menunjukkan bahwa mungkin juga orang tua menawarkan susu murni kepada anak-anak yang lebih kurus untuk membuat mereka bertambah berat.

Namun, Dr Jonathon L. Maguire, seorang dokter anak di University of Toronto, menyatakan bahwa tidak ada studi spekulatif ini yang dapat membuktikan benar-benar membuktikan sebab dan akibat.

"Kami benar-benar membutuhkan lebih banyak uji klinis untuk mengetahui apakah kami melakukan hal yang benar," ujarnya.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7720 seconds (0.1#10.140)