Akui Tembak Pesawat Ukraina, Kanada Puji Iran

Minggu, 12 Januari 2020 - 13:51 WIB
Akui Tembak Pesawat Ukraina, Kanada Puji Iran
Trudeau sebut ketegangan Iran-AS berkontribusi pada tragedi jatuhnya pesawat Ukraina, tapi dia memuji Teheran karena mengambil tanggung jawab atas insiden itu. Foto/Reuters
A A A
OTTAWA - Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau menyatakan, ketegangan Iran-Amerika Serikat (AS) di kawasan itu berkontribusi pada tragedi jatuhnya pesawat Ukraina.

Namun, dia memuji Teheran karena mengambil tanggung jawab atas insiden itu. Trudeau, yang berbicara saat menggelar konferensi pers di Ottawa mengatakan, ia masih memiliki banyak pertanyaan sehubungan dengan jatuhnya pesawat Ukraina.

Dia bersikeras bahwa kejelasan penuh diperlukan dalam tragedi ini. Dia lalu menyebut bahwa Teheran perlu mengambil tanggung jawab penuh atas insiden mengerikan itu.

"Kanada membutuhkan jawaban yang jelas tentang kecelakaan pesawat itu. Karena penting untuk menentukan apakah jatuhnya pesawat itu memang karena kesalahan," ucapnya.

"Apa yang Iran akui sangat serius. Menembak sebuah pesawat sipil mengerikan. Iran harus bertanggung jawab penuh. Kanada tidak akan beristirahat sampai kita mendapatkan pertanggungjawaban, keadilan, dan penutupan yang layak diterima keluarga," ucap Trudeau, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (12/1/2020).

Sebelumnya, Trudeau dan Presiden Iran, Hassan Rouhani melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon, membahas mengenai tragedi jatuhnya pesawat Ukraina.

Dalam pembicaraan itu, Rouhani mengatakan bahwa Teheran siap menerima bantuan dari semua pihak untuk menyelidiki insiden ini.

Trudeau, kemudian mengatakan bahwa dia dan Rouhani telah menyepakati perjanjian mengenai keterlibatan Kanada dalam penyelidikan kecelakaan pesawat tersebut.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8040 seconds (0.1#10.140)