Banjir Surut, Polres Lubuklinggau Tetap Siagakan Anggotanya

Rabu, 20 Mei 2020 - 18:46 WIB
loading...
Banjir Surut, Polres Lubuklinggau Tetap Siagakan Anggotanya
Banjir sudah surut, Polres Lubuklinggau tetap siagakan anggotanya. Foto SINDOnews
A A A
LUBUKLINGGAU - Pasca hujan deras yang mengguyuri Kota Lubuklinggau sejak semalam, menyebabkan puluhan rumah di RT 02 Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II Kota Lubuklinggau, terendam banjir.

Ketua RT 02 Kelurahan Ulak Surung, Hera Ningsih mengatakan, kondisi air sekarang sudah mulai surut, sekitat pukul 10.30 WIB tadi. “Banjir kali ini untuk kedua kalinya dan lebih parah dari tahun kemarin,” ujar Ningsih, Rabu (20/05/2020). (Baca juga:Tiga Kecamatan di Kota Lubuklinggau Diterjang Banjir Bandang)

Dikatakan Ningsih, akibat banjir kali ini ada sekitar 23 rumah yang rumahnya kebanjiran sampai masuk ke dalam rumah. Sehingga barang perabotan rumah tangga seperti kasur, kursi, bantal, selimut, kursi dan juga sembako rusak akibat terendam.

Dan ada sekitar lima rumah yang mengalami rusak cukup parah karena tembok rumahnya jebol, di antaranya rumah milik Jomo, Arozi, Rusunah, Apong, Badi Usman yang dinding rumahnya rusak parah. "Tidak ada korban jiwa, hanya saja warga mengalami kerugian materil," ungkapnya.

Ditambahkan Ningsih, Dinas Sosial (Dinsos) sudah mendatangi lokasi, dan mendata rumah-rumah yang terdampak banjir. Ia berharap kepada Dinsos aga warga yang terkena dampak berat diberikan tenda dan selimut, karena semuanya perabotan rumah tangga mereka dalam keadaan rusak. (Baca juga:Warga Sungai Pinang Kesulitan Berjualan Keluar Desa)

Diketahui, sebelumnya curah hujan yang tinggi mengakibatkan naiknya volume sungai kelingi yang membentang di Kota Lubuklinggau. Dari pantauan petugas di lapangan, tingginya hujan menyebabkan beberapa rumah kebanjiran seperti di kelurahan Ulak Surung, Sidorejo, Lubuklinggau Ulu dan beberapa titik di sepanjang aliran sungai kelingi.

Walikota Lubuklinggau, bersama Kapolres Lubuklinggau turut membantu evakuasi beberapa rumah warga yang kebanjiran. Kapolres Lubuklinggau AKBP Mustofa saat turun langsung membantu warga yang kebanjiran menjelaskan bahwa air mendadak tinggi dan deras.

"Pagi tadi hujan lebat, Sungai Kelingi mendapatkan kiriman air dari hulu sungai PUT, Rejang Lebong Bengkulu. Sehingga menyebabkan beberapa rumah terdampak banjir. Bahkan berdasarkan laporan anggota saya, air sempat menghanyutkan satu rumah warga" jelas Kapolres.

Dilanjutkannya, sampai saat ini belum ada konfirmasi korban jiwa, namun kita harus siaga karena cuaca tidak dapat ditebak. "Saya minta warga tetap siaga khususnya malam nanti, apalagi jika hujan deras datang lagi, pandangan gelap, berpotensi korban jiwa, Kami Polri bersama unsur terkait akan terus memantau kondisi ini," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)