PM Jepang Ingatkan Konfrontasi dengan Iran Ancam Keamanan Global

Senin, 13 Januari 2020 - 17:57 WIB
PM Jepang Ingatkan Konfrontasi dengan Iran Ancam Keamanan Global
Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe telah memperingatkan bahwa konfrontasi militer dengan Iran akan berdampak pada perdamaian dan stabilitas global. Foto/SPA
A A A
TOKYO - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe telah memperingatkan bahwa konfrontasi militer dengan Iran akan berdampak pada perdamaian dan stabilitas global. Hal itu disampaikan Abe saat melakukan kunjungan ke Arab Saudi, sebagai bagian dari tur Timur Tengahnya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Jepang, Masato Ohtaka mengatakan, dalam kunjungan ke Saudi, Abe melakukan pertemuan dengan Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman (MBS). Dalam pertemuan itu, papar Ohtaka, Abe menegaskan setiap konfrontasi militer dengan Iran akan berdampak serius bagi situasi global.

"Setiap konfrontasi militer di wilayah yang mencakup negara seperti Iran akan berdampak tidak hanya pada perdamaian dan stabilitas di kawasan itu tetapi juga perdamaian dan stabilitas seluruh dunia," kata Ohtaka, mengulangi pernyataan Abe dalam pertemuan itu.

"Abe meminta semua negara yang relevan untuk terlibat dalam upaya diplomatik untuk meredakan ketegangan," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (13/1/2020).

Ohtaka mengatakan, Abe dan MBS sepakat untuk bekerja sama dalam keamanan maritim di kawasan itu dan membahas keputusan Tokyo untuk mengirim kapal perusak untuk kegiatan intelijen bersama dengan dua pesawat patroli P-3C ke Timur Tengah.

Jepang, tegas Ohtaka, bagaimanapun, tidak akan bergabung dengan koalisi pimpinan-AS di wilayah tersebut. Tokyo sendiri diketahui telah berjalan dengan baik dalam menyeimbangkan aliansi kunci dengan Washington dan hubungan serta kepentingannya lamanya dengan Teheran.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.7254 seconds (0.1#10.140)