Mandi Air Hangat, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Anak

Rabu, 15 Januari 2020 - 18:20 WIB
Mandi Air Hangat, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Anak
Mandi air hangat tidak hanya bermanfaat merelaksasi orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak. Mandi air hangat bisa membantu bayi meregulasi suhu tubuh mereka. Foto/The Bump
A A A
JAKARTA - Mandi dengan air hangat memberikan banyak manfaat untuk anak maupun orang dewasa. Mandi dengan air hangat dapat memberikan efek relaksasi yang membuat Anda bisa beristirahat dengan baik selepas melakukan rutininas.

“Untuk kesehatan kulit, mandi dengan air hangat itu dapat membantu menjaga kelembapan kulit, karena suhu air yang terlalu dingin dan terlalu panas akan membuat kulit menjadi kering. Selain itu, mandi dengan air hangat juga membantu bayi meregulasi suhu tubuhnya," kata dokter ahli kulit keluarga, dr. Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD, FINSDV, FAADV.

Lebih lanjut dijelaskan dr. Srie bahwa mandi dua kali sehari penting bagi kesehatan apalagi bagi mereka yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia.

Suhu air mandi idealnya adalah sesuai dengan suhu tubuh, yaitu sekitar 36—37 derajat Celsius.

Perkara menentukan suhu air ini, tentu membutuhkan alat yang dapat mengukur dengan pasti, bukan hanya berdasarkan perasaan semata saat memanaskan air dengan cara tradisional, memasak di kompor.

"Di sisi lain, mandi air hangat juga bisa membuat tubuh lebih rileks sehingga dapat berisitrahat dan tidur dengan nyenyak. Hal ini bukan hanya berlaku bagi orang dewasa tetapi juga anak-anak kita,” kata dia.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8094 seconds (0.1#10.140)