Dua Bomber Manchester United Siap Panaskan Stadion Anfield

Jum'at, 17 Januari 2020 - 14:50 WIB
Dua Bomber Manchester United Siap Panaskan Stadion Anfield
Kedatangan United ke Anfield patut diwaspadai mengingat bomber Setan Merah yakni Marcus Rashford dan Anthony Martial sedang dalam performa terbaiknya. Belum lagi dengan kehadiran Mason Greenwood / Ilustrasi
A A A
LIVERPOOL - Liga Inggris 2019/2020 bakal memberikan suguhan menarik selama akhir pekan ini. Dari 10 pertandingan yang berlangsung selama dua hari (Sabtu-Minggu), ada satu laga yang pastinya akan mengundang atensi penikmat sepak bola di seluruh dunia, yakni pertemuan Liverpool versus Manchester United di Stadion Anfield, Minggu (19/1/2020) malam WIB.

Ada jurang pemisah yang sangat jelas terlihat ketika berbicara tentang Liverpool dan United. Ini merujuk pada posisi dua kesebelasan di klasemen sementara Liga Inggris musim ini. Saat ini Liverpool menjadi satu-satunya klub yang belum terkalahkan dalam 21 pertandingan di kompetisi domestik. Dengan meraih 20 menang dan sekali seri membuat Si Merah nangkring di urutan pertama klasemen sementara dengan raihan 61 poin.

Sementara United tercecer di peringkat kelima dengan 34 poin setelah hanya mampu mengumpulkan sembilan menang, tujuh seri, dan enam kalah dari 22 pertandingan yang telah dijalaninya musim ini. Tapi kedatangan United ke Anfield patut diwaspadai mengingat bomber Setan Merah yakni Marcus Rashford dan Anthony Martial sedang dalam performa terbaiknya.

Lebih dari itu, pasangan gado-gado Inggris-Prancis ini memiliki statistik yang lebih baik ketimbang duet Mohamed Salah dan Sadio Mane. Jika berkaca pada statistik gol dari WhoScore, Jumat (17/1), kolaborasi Rashford (14) dan Martial (8) sudah menghasilkan 22 gol (61%) dari 36 gol yang telah dicetak United di kompetisi domestik musim ini.

Sedangkan duet Salah (10) dan Mane (11) hanya membukukan 21 gol (42%) dari 50 gol untuk Liverpool. Kedua penyerang United memiliki tingkat konversi peluang yang jauh lebih baik daripada Salah (50%) dan Mane (30%).

Lebih jauh, Rashford memiliki rata-rata lebih banyak sentuhan per pertandingan musim ini (43,68 hingga 37,18%), lebih banyak sentuhan di kotak oposisi per pertandingan (5,45 hingga 4,81%) dan telah mengambil lebih banyak tembakan (74%) dari pada Salah (66%), Mane (49%) atau rekan setimnya Martial (40%). Satu statistik yang paling mencolok adalah Rashford telah mencoba 57 dribel lebih banyak daripada Salah pada musim ini.

Tapi Liverpool bukan tentang Salah dan Mane, ada satu penyerang lain yang masih harus diwaspadai dan itu adalah Firmino. Meski demikian, jumlah atau perhitungan gol trisula yang dikenal dengan julukan Firmansah (Firmino, Mane, Salah) tetap kalah jika United memasukkan penyerang mudanya, yakni Mason Greenwood.

Melalui Rashford, Martial, dan Greenwood, United setidaknya telah mengoleksi total 39 gol. Sedangkan Firmansah baru mengumpulkan 36 gol untuk Liverpool.

Kesamaan dan Perbedaan

Dengan kata lain, pertandingan ini akan sangat menarik untuk disaksikan. Terlebih dua pelatih memiliki pandangan yang sama dalam hal menyerang.

Liverpool telah menciptakan 258 peluang, sedangan United hanya mampu menciptakan 241 peluang. Tetapi teori umum menyebut bahwa Setan Merah jauh lebih efektif dalam serangan balik (20) ketimbang Si Merah (18).

Satu keunggulan Liverpool adalah kualitas peluang yang diciptakan. Pasukan Juergen Klopp mengumpulkan 56 peluang daripada United (34). Itu menunjukkan bahwa anak asuh Ole Gunner Solskjaer kurang kreativitas dalam menciptakan peluang.

Tak hanya itu saja, United juga terlihat rapuh ketika berbicara tentang pertahanan. Pasalnya, Setan Merah telah kebobolan 25 gol dalam 22 pertandingan yang telah dijalani. Berbeda dengan Liverpool yang baru kemasukan 14 gol dari 21 laga di Liga Inggris musim ini.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0470 seconds (0.1#10.140)