Lebaran, Sambal Goreng Ati yang 'Wajib' Tersaji

Sabtu, 23 Mei 2020 - 09:08 WIB
loading...
Lebaran, Sambal Goreng Ati yang Wajib Tersaji
Menu sambal goreng ati banyak dipilih sebagai penyeimbang rasa gurih pada sajian yang bersantan saat Lebaran. Foto/Endeus.Tv
A A A
PALEMBANG - Sambal goreng ati termasuk salah satu makanan 'wajib' tersaji di meja saat Lebaran. Hidangan satu ini banyak dipilih sebagai penyeimbang rasa gurih pada sajian yang bersantan, semisal opor ayam.

Namun, tidak semua orang bisa membuat sambal goreng ati yang nikmat. Bahkan ada yang menganggap lebih sulit membuat sambal goreng ati dibandingkan opor. Berikut tips membuat sambal goreng ati antigagal, seperti dikutip dari laman Endeustv.

1. Pilih Hati Sapi Segar
Untuk membuat sambal goreng ati yang istimewa, pemilihan bahan utamanya tentu harus teliti. Pilih hati sapi yang masih segar. Cukup kenali cirinya yaitu berwarna merah gelap secara merata dan tidak begitu tercium bau amis darah. Selain itu, sentuh permukaan hati sapi. Pastikan apakah ada gumpalan atau benjolan, jika tidak ada, maka dipastikan hati tersebut masih segar.

2. Mencuci Hati agar Tidak Bau Amis
Setiap bahan makanan yang baru dibeli dari pasar harus dibersihkan terlebih dulu sebelum diolah. Begitu juga untuk hati sapi ini. Pasti di permukaan hati masih terdapat kotoran dan sisa darah yang menempel. Maka itu perlu dicuci menggunakan air mengalir. Namun, cuci sebentar agar hati tidak mudah hancur.

Setelah dicuci, rebus hati terlebih dulu menggunakan api sedang, lalu masukkan bahan seperti jahe, daun salam, dan daun jeruk. Bahan-bahan tersebut digunakan untuk menghilangkan bau amis pada hati sapi. Tunggu hingga 10 menit atau sampai warna hati berubah menjadi merah muda. Setelah itu hati baru bisa diolah.

3. Menyiapkan Bumbu
Mulai dari cabai merah besar yang sudah dibuang bijinya, bawang merah, bawang putih, kemiri, gula merah, dan garam. Blender semua bahan, kemudian dihaluskan dengan diulek maupun diblender. Tumis bumbu hingga matang dan aroma harumnya tercium. (Baca Juga: Kastengel, Kue Khas Lebaran yang Selalu Dinanti)

4. Tambahkan Santan
Sajian menu Lebaran tidak lepas dari penggunaan santan, begitu juga untuk sambal goreng ati ini. Santan dipilih untuk bisa memberikan cita rasa gurih pada masakan. Masukkan santan ke dalam tumisan yang sudah matang. Lalu masak hingga mendidih. Perlu diingat, masukkan santan sebelum hati sapi agar tidak terlalu lama dimasak.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)