PM Kanada Desak Iran Segera Kirim Black Box Pesawat Ukraina

Sabtu, 18 Januari 2020 - 11:19 WIB
PM Kanada Desak Iran Segera Kirim Black Box Pesawat Ukraina
PM Kanada Justri Trudeau mendesak Iran mengirim black box pesawat Ukraina yang tidak sengaja ditembak jatuh dikirim ke Prancis. Foto/Istimewa
A A A
OTAWA - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mendesak Iran untuk mengirim black box pesawat komersil Ukraian yang jatuh ke Prancis untuk di analisis. Ia juga mengatakan bahwa jenazah korban harus segera dikirim ke Kanada.

Trudeau mengatakan pada konferensi pers di Ottawa bahwa Prancis adalah salah satu dari sedikit negara dengan kemampuan untuk membaca black box pesawat yang katanya rusak parah. Iran mengatakan pihaknya menembak jatuh pesawat Ukraina minggu lalu secara tidak sengaja.

Sebanyak 176 orang tewas dalam bencana itu, 57 di antaranya adalah warga Kanada. "Iran tidak memiliki tingkat keahlian teknis dan sebagian besar peralatan yang diperlukan untuk dapat menganalisis kotak hitam yang rusak ini dengan cepat," kata Trudeau.

"Ada awal dari sebuah konsensus bahwa (Prancis) akan menjadi tempat yang tepat untuk mengirim black box itu untuk mendapatkan informasi yang tepat dari mereka dengan cara yang cepat dan karena itulah yang kami mendorong pihak berwenang Iran untuk setuju," imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (18/1/2020).

Trudeau mengatakan sekitar 20 keluarga korban Kanada telah meminta pengembalian jenazah dan mengatakan kepada wartawan bahwa ia berharap jenazah pertama akan dipulangkan dalam beberapa hari mendatang. Namun Trudeau tidak memberikan rincian lebih lanjut.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2311 seconds (0.1#10.140)