alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cara Jitu Agar Olahan Daging Sapi Tetap Lembut dan Juicy

Titi Sutinah Apridawaty
Cara Jitu Agar Olahan Daging Sapi Tetap Lembut dan Juicy
Agar daging sapi lunak dan sari-sarinya tetap terjaga saat dikonsumsi ada triknya. Foto/Foodsafety.com.au

JAKARTA - Persoalan klasik saat mengolah daging sapi adalah teksturnya yang keras dan diperlukan "treatment" khusus agar sari-sarinya terjaga saat dikonsumsi.

Persoalan tersebut sangat bisa diatasi dengan menerapkan trik berikut ini.

1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan menu yang akan Anda masak. Dengan begitu, Anda dapat memilih jenis daging sapi yang sesuai. Ambil contoh daging gandik untuk memasak rendang, sengkel untuk memasak semur, dan sandung lamur untuk memasak rawon.



2. Daging yang potongannya tebal sebaiknya ditusuk-tusuk garpu atau dipukul-pukul dulu dengan palu daging supaya memudahkan peresapan bumbu sekaligus mempercepat proses pematangannya.

3. Mengiris daging harus berlawanan serat supaya daging tidak hancur ketika dimasak lama. Daging yang dipotong searah serat hanya untuk membuat empal. Agar tak hancur sewaktu dimasak, tusuk daging dengan lidi agar serat-seratnya tidak terlepas.

4. Kalau ingin irisan daging lebih bagus dan tidak keriput, rebus daging bersama bumbu sampai setengah matang. Selanjutnya, potong-potong dan lanjutnya proses memasaknya.

5. Menggoreng daging seperti pada pembuatan empal harus dilakukan di dalam minyak panas dan lakukan sebentar saja agar kaldu daging tidak mengering serta membuat daging menjadi keras dan kering.

6. Agar kuah daging dalam sup atau soto kelihatan jernih, lakukan hal berikut:
Rebus daging di dalam air mendidih. Biarkan air menjadi keruh dan berbusa-busa, tiriskan.
Rebus daging di dalam air dingin bersama bumbu.

7. Masakan daging yang tidak berkuah seperti rendang, dendeng, dan empal harus direbus di dalam kuah yang mendidih. Tujuannya untuk mencegah kaldu daging keluar sehingga ketika dimakan rasa daging masih berkaldu.

8. Untuk dibuat sate, lakukan hal berikut:
Gunakan daging has dalam. Potong daging dengan potongan yang tidak terlalu besar.
Lumuri 1/4-1/2 sendok teh baking powder untuk 1 kilogram daging dan biarkan paling tidak satu jam agar daging cepat empuk saat dibakar.
Cara lain, bungkus daging dengan daun pepaya atau parutan nanas semalaman.

Itulah sejumlah trik dalam mengolah daging sapi, seperti dikutip dari buku Mudah Memasak Kuliner Nusantara. Selamat mencoba!



(boy)